Malangtimes

Wali Kota Sutiaji Tegaskan Tugu Adipura di Jalan Semeru Tidak Dipindah untuk Uji Coba Jalan Satu Arah

Jan 15, 2023 20:38
Wali Kota Malang Sutiaji usai melepas rombongan mobil listrik dari halaman Balai Kota Malang, Sabtu (14/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji usai melepas rombongan mobil listrik dari halaman Balai Kota Malang, Sabtu (14/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan, Tugu Adipura Kota Malang yang berada di Jalan Semeru tidak akan dipindah lokasinya untuk kepentingan uji coba skema jalan satu arah di kawasan Kayutangan. 

"Bukan dipindah, itu tidak dipindah (Tugu Adipura). Jadi yang dibutuhkan kemarin kalau satu arah dari timur, itu nanti hanya dipotong sedikit (tamannya) tapi Tugu Adipuranya tetap (lokasinya)," ungkap Wali Kota Malang Sutiaji kepada JatimTIMES.com, Minggu (15/1/2023). 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang itu mengatakan, bahwa untuk memperlancar rencana uji coba skema jalan satu arah di tanggal 23 Januari 2023, nantinya patung Tentara Genie Pelajar (TGP) yang berada di bundaran Jalan Semeru dekat pintu timur Stadion Gajayana akan digeser sedikit ke arah barat. 

"Yang digeser itu Patung Trip (TGP) ke barat lagi untuk u turn (putar balik) di Gajayana itu digeser ke arah utara dikit. Hanya digeser nggak merubah apapun," terang Sutiaji. 

Rencana ini untuk memperlancar kegiatan uji coba skema jalan satu arah yang akan dilakukan pada tanggal 23 Januari 2023. Di mana perempatan Rajabally menjadi titik temu uji coba skema jalan satu arah. 

Tugu Adipura Kota Malang.

Pasalnya, berdasarkan hasil kajian Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kota Makang, uji coba skema jalan satu arah akan dimulai dari arah Kantor UP3 PLN Malang mengarah ke selatan. Kemudian dari perempatan Rajabally, pengendara bisa belok ke timur atau ke Jalan Kahuripan, maupun ke barat atau ke Jalan Semeru. 

Lalu jika pengendara dari arah Alun-alun Merdeka Malang, dapat berjalan satu arah mengarah ke utara hingga perempatan Rajabally. Kemudian skema jalan satu arah sama seperti pengendara yang dari arah utara. 

Maka dari itu, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk memahami rencana kebijakan yang akan diterapkan oleh Pemkot Malang. Di mana skema jalan satu arah tersebut merupakan hasil kajian dari FLLAJ Kota Malang. 

"Kita tahu tertib tidaknya, maksimal tidaknya, namanya uji coba itu kan ada persyaratan. Kalau di persyaratan dasar nggak dilakukan, ya nggak mungkin bisa tahu efektivitasnya. Mohon kepada seluruh warga Kota Malang untuk memahami itu semua," pungkas Sutiaji. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru