Malangtimes

Lewat SICAKEP, Masyarakat Dapat Cari Informasi Beragam Infrastruktur Kota Malang

Jan 15, 2023 18:04
Capture aplikasi SICAKEP (Ist)
Capture aplikasi SICAKEP (Ist)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, menerapkan teknologi informasi dalam capaian kinerjanya. Aplikasi tersebut bernama SICAKEP atau Sistem Informasi Capaian Kinerja Pemerintah. 

Dahat Sih Bagyono Sekretaris DPUPRPKP Kota Malang menyampaikan, aplikasi ini ini berbasis Geographic Information System (GIS) dalam input datanya. Dengan begitu, masyarakat pun dapat mengetahui titik-titik pekerjaan yang ada di wilayahnya.

2

"Masyarakat bisa tahu lokasi pekerjaan di wilayahnya masing-masing melalui aplikasi ini," jelasnya dalam bimbingan teknis update data infrastruktur,  Jumat (13/1/2023).

Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat komputer maupun smartphone. Untuk itu, masyarakat yang ingin menggunakan aplikasi tersebut dapat mengunduhnya melalui toko aplikasi pada perangkatnya atau melalui laman SICAKEP.

Pada aplikasi tersebut, dilengkapi dengan beberapa fitur untuk akses informasi, yakni data kontrak kerja dan data capaian kinerja pada semua bidang maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di DPUPRPKP Kota Malang. Bahkan, dalam tampilannya, aplikasi tersebut akan menampilkan peta atau lokasi titik dari data yang dicari. 

Dalam aplikasi itu terdapat item data yang bisa dilihat, seperti data jalan, jembatan, saluran drainase, data kawasan kumuh, data Tangki septik, data rusunawa, data KRK, data pemakaian alat berat, titik genangan, bangunan gedung, instalasi air limbah, instalasi air minum, data IPAL, data infrastruktur perumahan, SLF, penerangan jalan umum dan masih banyak lagi.

1

Aplikasi ini, dijelaskan Dahat akan terus dikembangkan maupun dilakukan pembaharuan data. Harapannya, aplikasi ini dapat menjadi sarana evaluasi maupun pengawasan  maupun untuk data support bagai dinas lainnya untuk menjalankan program kerjanya demi Kota Malang yang lebih baik.

"Tentu kami harapkan aplikasi ini akan semakin memudahkan masyarakat mencari informasi, selain itu, juga bisa menjadi pengontrol dalam setiap pembangunan infrastruktur," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru