Malangtimes

Gagal Bobol ATM Pakai Alat Las, Warga Pakis Diamankan Polisi

Jan 15, 2023 16:53
Mesin ATM yang terdapat bekas las dan tersangka KY saat diamankan.(Foto: Istimewa).
Mesin ATM yang terdapat bekas las dan tersangka KY saat diamankan.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Seorang warga Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang yang diketahui berinisial KY (40) harus berurusan dengan polisi. Hal tersebut lantaran KY kedapatan melakukan pembobolan mesin ATM di Jalan Raya Asrikaton, Kecamatan Pakis pada Sabtu (14/1/2023) lalu. 

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan, KY melakukan aksinya tersebut pada Sabtu (14/1/2023) pukul 02.0 dini hari. Ia menyebut, peristiwa itu dilaporkan oleh petugas keamanan bank setelah mendapat informasi dari masyarakat. 

"Betul, terjadi peristiwa pembobolan mesin ATM di Pakis, pelaku sudah berhasil tertangkap," ujarnya. 

Keterangan yang dihimpun kepolisian, modus yang digunakan dalam menjalankan aksinya yaitu dengan cara membongkar bagian bawah mesin ATM menggunakan seperangkat alat pengelasan. Sejumlah alat  seperti tabung gas dan peralatan las diangkut  di dalam mobil minibus Daihatsu GrandMax yang dibawanya.

Sebelum melancarkan aksinya, KY terlebih dahulu merusak kamera CCTV yang terpasang di sekitar mesin ATM. Hal itu dilakukan dengan mengecatnya menggunakan cat semprot. Hal itu sebenarnya dimaksudkan agar aksinya tak terekam dan untuk mengelabui petugas bank. 

Namun sayangnya, upaya KY untuk membobol mesin ATM itu gagal. Karena peralatan las yang ia bawa, tak dapat menembus tebalnya plat besi yang menjadi pengaman mesin ATM. 

Namun demikian, polisi tetap menindaklanjuti laporan yang didapat dari petugas bank. Yakni dengan melakukan olah tempat kejadian perkata (TKP) dan menggali keterangan dari sejumlah saksi di lokasi kejadian. Termasuk memeriksa rekaman kamera CCTV di sekitar lokasi.

"Petugas keamanan bank melapor sekitar pukul 06.00 WIB, personel Polsek Pakis kemudian segera mendatangi TKP dan melakukan penyelidikan," terangnya.

Berbekal rekaman CCTV itulah, polisi melakukan penyelidikan terhadap pelaku. Hingga kemudian personel gabungan berhasil mendeteksi keberadaan pelaku, dan melakukan penangkapan di rumahnya tanpa perlawanan.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan seperangkat peralatan las yang dipakai untuk membobol mesin ATM. Cat semprot dan mobil yang digunakan membawa peralatan juga turut disita pihak kepolisian.

"Tersangka masih dilakukan pendalaman oleh penyidik, terkait kemungkinan melakukan hal yang sama di tempat lain," pungkasnya.

Kini tersangka KY terpaksa harus menginap di sel tahanan Polsek Pakis. Dia dikenakan pasal 363 KUHP Jo Pasal 53 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan percobaan pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru