Malangtimes

Dalam Sebulan, China Laporkan 60 Ribu Kematian akibat Covid-19

Jan 15, 2023 08:16
Suasana covid-19 di China. (foto: AFP)
Suasana covid-19 di China. (foto: AFP)

JATIMTIMES - Ledakan covid-19 di China masih terjadi. Paling baru, China melaporkan hampir 60 ribu kematian akibat corona (covid-19) dalam rentang waktu sebulan. 

Jumlah kematian itu merupakan jumlah terbesar pertama yang dirilis oleh pihak berwenang sejak Beijing melonggarkan pembatasan covid-19 pada awal Desember 2022 lalu. 

Dilansir dari AFP pada Minggu (15/1), laporan kematian yang disampaikan China itu disampaikan pada Sabtu (14/1) waktu setempat. Laporan tersebut dirilis gara-gara desakan dunia karena pemerintah China tak kunjung memberikan laporan sejak pelonggaran kegiatan dilakukan. 

Sebelum pelonggaran pada Desember, China melaporkan jumlah kematian akibat covid-19 hanya ada belasan orang.

Pejabat Komisi Kesehatan Nasional (NHC) menyampaikan China telah mencatat 59.938 kematian akibat covid-19 antara periode 8 Desember dan 12 Januari 2022. Angka tersebut hanya mengacu pada kematian di fasilitas medis dengan jumlah total kemungkinan lebih tinggi.

Kepala Biro Administrasi Medis NHC Jiao Yahui juga mengatakan data tersebut mencakup 5.503 kematian yang disebabkan oleh kegagalan pernalasan langsung karena virus. Sementara sisanya, 54.435 kematian, disebabkan penyakit bawaan yang dikombinasikan dengan covid-19.

Sebelumnya, WHO mengkritik China yang hanya melaporkan kematian akibat covid 19 karena gagal napas saja. Menurut WHO, laporan itu terlalu sempit. Oleh karenanya, China pada Sabtu (14/1) melaporkan keseluruhan kematian akibat covid, baik yang mengalami gagal pernapasan maupun yang memiliki penyakit bawaan dan diperparah karena covid-19. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru