Malangtimes

Lagi, Akibat Rem Blong, Avanza Masuk Jurang di Jalur Pacet-Cangar

Jan 15, 2023 07:21
Proses evakuasi yang dilakukan relawan bersama pihak kepolisian. (foto: @updatemojokerto)
Proses evakuasi yang dilakukan relawan bersama pihak kepolisian. (foto: @updatemojokerto)

JATIMTIMES - Jalur Pacet-Cangar sudah lama dianggap rawan kecelakaan oleh banyak pihak, termasuk menjadi perhatian kepolisian. Di jalur ini banyak kendaraan yang mengalami rem blong di turunan curam nan panjang. 

Salah satu korban, satu unit mobil Toyota Avanza mengalami kecelakaan rem blong dan terperosok ke jurang sedalam 20 meter pada Sabtu (14/1) sore, sekitar pukul 15.30 WIB. 

Di Instagram tersebar video saat relawan Welirang Rescue dan kepolisian tengah melakukan evakuasi terhadap mobil tersebut. Salah satunya di akun Instagram @updatemojokerto. 

Akibat kecelakaan itu, dua penumpang mengalami luka berat dan lima korban luka ringan. Sore menjelang malam, pihak kepolisian dibantu masyarakat sekitar melakukan evakuasi. Korban pun segera dilarikan ke Rumah Sakit Sumberglagah.

Berdasarkan informasi dari akun tersebut, mobil yang berpenumpang 7 orang dari Sidoarjo itu pulang dari wisata Kota Batu dan hendak ke arah Mojokerto. 

Namun, sesampainya di sekitar jalur penyelamat rest area, mendadak mobil warna silver tersebut mengalami rem blong hingga hilang kendali. 

Relawan Welirang Rescue Made Zakaria menyampaikan  Avanza itu ringsek rusak parah karena menghantam pohon. "Kendaraan masuk jurang di kawasan rest area kedalaman kurang lebih 20 meter," jelasnya. 

Unggahan itu pun dibanjiri komentar dari warganet. Banyak yang menyebut pengguna jalan Pacet-Cangar harus menggunakan trik-trik tertentu karena rawan kecelakaan. 

"Innalillahi semoga para korban lekas pulih. Mungkin saran buat rekan2 yg mau melewati jalur cangar-pacet dari arah batu untuk meminimalisir kejadian serupa, sebaiknya perbanyak istirahat untuk mendinginkan sistem pengereman kendaraan terutama kendaraan matic. Seinget saya kejadian rem blong ini semakin banyak setelah kondisi jalan diperbaiki, yg menyebabkan kendaraan melaju lebih cepat ketika turun sehingga sistem pengereman bekerja lebih keras dan makin cepat panas," tulis @halimi***. 

"Memang lewat cangar perlu trik2 tertentu dan tdk semua org tau itu," ucap @aryoekoprak***.  

"Penting bagi pengendara untuk memastikan kendaraan yg akan dipakai melintasi jalur tersebut layak pakai. Dan penting juga skill pengendara layak melintasi jalur tersebut. Satu lagi yg perlu diingat setelah kedua hal tersebut terpenuhi, fokus dan konsentrasi dim perjalanan!!!," ujar @eko.cut***. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru