Gali Pondasi Rumah, Warga Temukan Mortir Aktif

Jan 20, 2016 00:03
Ilustrasi mortir. (Foto: news.okezone)
Ilustrasi mortir. (Foto: news.okezone)

MALANGTIMES - Seorang warga di Desa Taman Kuncaran, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, menemukan mortir aktif saat menggali tanah untuk membangun pondasi rumah.

Saat sedang menggali tanah untuk pondasi rumah, seorang warga merasakan cangkul yang digunakannya mengenai benda keras. Setelah diperiksa, ternyata cangkulnya mengenai mortir.

Baca Juga : Balada Susilo: Hidup di Gigir Kemiskinan Tanpa Jaring Sosial Pemerintah

Penemuan benda peledak yang diperkirakan peninggalan masa perang dunia ke-2 itu, segera dilaporkan oleh warga ke Polsek Tirtoyudo.

Kasubbag Humas Polres Malang, AKP Suprayitno mengatakan, mortir yang ditemukan sudah dalam keadaan berkarat.‎

‎“Ada warga yang sedang menggali tanah untuk pondasi rumah. Cangkulnya mengenai benda keras dan kemudian diangkat ternyata sebuah mortir,” ujar AKP Suprayitno, Selasa (19/1/2016).

Mendapati laporan warga terkait temuan mortir, Polsek Tirtoyudo berkoordinasi dengan pasukan penjinak bom Detasemen Gegana Polda Jatim.

Segera setelah sampai di lokasi temuan, Tim Gegana segera melakukan penyisiran untuk memeriksa kemungkinan ditemukan mortir lain.

Baca Juga : 6 Gunung Erupsi Bersamaan, Mulai di Tanah Jawa, Maluku, hingga Sumatera

Satu mortir temuan tersebut dievakuasi ke tempat terbuka untuk diledakkan. Meski sempat mengalami kesulitan, karena mortir berkarat, akhirnya berhasil diledakkan.

"Bagi masyarakat yang menemukan mortir atau benda peledak, supaya jangan diotak-atik atau dibawa pulang. Laporkan segera ke Polsek terdekat," pungkas Suprayitno. (*)

Topik
Mortir
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru