Malangtimes

KPK Jadikan Lukas Enembe Contoh bagi Para Pejabat yang Bermain-main dengan Hukum

Jan 14, 2023 18:45
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Foto dari internet)
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe dijadikan contoh oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk para pejabat yang tidak amanah dalam jabatannya akan dibawa ke ranah hukum.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Ia menyebut, Lukas yang terlibat kasus suap dan gratifikasi telah ugal-ugalan dalam masa jabatannya.

Pada awalnya, Firli mengatakan penangkapan Lukas menjadi peristiwa yang bermakna dan juga sebagai peringatan bagi para pejabat lainnya. Hal itu dikarenakan KPK bisa menindak koruptor hingga titik terjauh negeri, yakni Papua.

Tak hanya itu, penangkapan Lukas juga sebagai pesan dan kabar bagi seluruh pejabat untuk tidak main-main dengan hukum.

"Tersangka Lukas Enembe adalah contoh bahwa tindakan pejabat publik yang ugal-ugalan mengatasnamakan apapun, bertindak tidak disiplin sebagai penyelenggara negara, tetaplah dia harus dibawa ke ranah hukum," kata Firli dalam siaran pers, Sabtu (14/1/2023).

"Hadirnya KPK di Papua titik terjauh negeri kita adalah peringatan untuk seluruh pelaku korupsi dan bukti kehadiran negara untuk keadilan masyarakat Indonesia di Papua," ujarnya lagi.

Firli lalu mengungkap situasi di Papua sangat tidak mudah dan KPK dituntut untuk bekerja secara profesional dan memperhatikan hak asasi manusia di Papua.

Menurut Firli KPK sejauh ini sudah bekerja sesuai dengan aturan yang ada serta sudah tunduk pada asas-asas pelaksanaan tugas pokok.

 Firli juga mengungkap, penanganan kasus Lukas mendapat dukungan dari seluruh tokoh masyarakat Papua hingga pendeta.

Para pendukung itu di antaranya, tokoh adat Kabupaten Tolikara, Esap Bogum. Lalu, pendeta Joop Suebu yang merupakan Ketua Persekutuan Gereja-gereja Jayapura.

Lalu ada Ketua LMA Kabupaten Mamberamo Tengah Babor Bagabol, Ketua DPD KNPI Kabupaten Keerom Samuel Yube, dan Ketua DPP KNPI Haris Pratama.

"Insan Muda Papua, Samuel Yube, Ketua DPD KNPI Kabupaten Keerom mendukung penegakan hukum terhadap pelaku-pelaku, khususnya terpidana korupsi. (Dalam pernyataannya menyampaikan) 'Saya mengajak masyarakat Kabupaten Keerom untuk tetap menjaga keamanan serta tidak mudah terprovokasi'," kata Firli.

Sebelumnya, Lukas Enembe ditangkap di salah satu rumah makan di Distrik Abepura, Jayapura, Papua pada Selasa (10/1/2023) siang waktu setempat.

Lukas Enembe kemudian diamankan di Mako Brimob Kotaraja, Jayapura. Tidak berselang lama, politikus Partai Demokrat itu dibawa ke Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Setelah itu, Lukas diterbangkan langsung ke Jakarta. Setibanya di Jakarta Lukas Enembe menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Soebroto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru