Malangtimes

Hendak Kabur ke Luar Pulau, Pencuri Toko Bangunan di Pakisaji Ditangkap Polisi

Jan 14, 2023 18:38
Tersangka IS sesaat setelah diamankan jajaran kepolisian. (Foto : Humas Polres Malang for Jatim Times)
Tersangka IS sesaat setelah diamankan jajaran kepolisian. (Foto : Humas Polres Malang for Jatim Times)

JATIMTIMES - Pelaku tindak pidana pencurian di sebuah toko bangunan berhasil diamankan jajaran kepolisian Tim Opsnal Polres Malang. Tersangkanya diketahui berinisial IS. Pria 42 tahun itu merupakan warga Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar.

"Tersangka saat ini sudah kami amankan di Polsek Pakisaji guna kepentingan penyidikan lebih lanjut," kata Kasihumas Polres Malang IPTU Ahmad Taufik, Sabtu (14/1/2023).

Pihaknya menambahkan, tersangka ditangkap petugas saat berupaya kabur ke luar wilayah hukum Polres Malang, usai melancarkan aksi pencurian. Yakni di daerah asalnya yang berlokasi di Desa Jati Tengah, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar.

"Tersangka kami tangkap saat berada di Blitar pada Kamis (12/1/2023) malam, sekitar pukul 23.00 WIB," jelasnya.

Taufik menambahkan, sampai dengan saat ini penyidik masih mengembangkan kasusnya. Diduga kuat, tersangka sudah sering melancarkan aksi pencurian di beberapa toko bangunan yang ada di wilayah hukum Polres Malang.

"(Kasusnya) masih dikembangkan, ada beberapa laporan soal pencurian di toko bangunan yang ada di Pakisaji. Kami menduga pelaku sudah melancarkan beberapa aksi pencurian di toko bangunan yang ada di wilayah hukum Polres Malang," tuturnya.

Taufik menjelaskan, aksi pencurian yang dilakukan tersangka terungkap saat polisi menerima laporan dari pemilik toko bangunan, jika telah terjadi aksi pencurian. Kejadiannya pada akhir tahun 2022 lalu. Sedangkan korbannya bernama Endang.

Kepada petugas kepolisian, wanita 65 tahun itu melaporkan jika beberapa barang dagangannya di toko bangunan yang berlokasi di Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang telah di curi.

"Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian hingga puluhan juta," terang Taufik.

Berangkat dari laporan korban itulah, polisi akhirnya melakukan penyelidikan. Berdasarkan beberapa bukti dan rekaman CCTV serta keterangan saksi di Tempat Kejadian Perkara (TKP), pelakunya mengarah kepada IS.

"Petugas berhasil mengidentifikasi identitas pelaku, namun saat hendak di tangkap yang bersangkutan sudah terlebih dahulu kabur ke luar kota," imbuhnya.

Hingga akhirnya, pada Kamis (12/1/2023) tim Opsnal Polres Malang mendapat informasi jika IS sedang berada di kampung halamannya di Kabupaten Blitar. Saat itulah polisi akhirnya menangkapnya.

"Informasi yang kami dapat, tersangka sempat berniat hendak kembali kabur ke luar pulau (Jawa, red). Tapi pada saat pelaku sempat berada di Blitar, langsung kami tangkap," tegasnya.

Usai di tangkap polisi, tersangka langsung dijebloskan kedalam sel tahanan Polsek Pakisaji. Tersangka di jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat). Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru