Malangtimes

Wali Kota Sutiaji Berangkatkan 30 Wuling Air EV dari Balai Kota: Kita Dukung Masyarakat Gunakan Mobil Listrik

Jan 14, 2023 16:57
Wali Kota Malang Sutiaji bersama Direktur Wuling Perdana Jawa Timur Yudi Irawan Wijaya saat memberangkatkan 30 unit mobil Wuling Air EV dari halaman Balai Kota Malang, Sabtu (14/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji bersama Direktur Wuling Perdana Jawa Timur Yudi Irawan Wijaya saat memberangkatkan 30 unit mobil Wuling Air EV dari halaman Balai Kota Malang, Sabtu (14/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji memberangkatkan rombongan 30 unit mobil Wuling Air EV untuk melakukan city tour atau berkeliling Kota Malang dari halaman Balai Kota Malang, Sabtu (14/1/2023). 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini menyampaikan, bahwa dengan diberangkatkannya rombongan mobil Wuling Air EV dari halaman Balai Kota Malang, merupakan salah satu dukungan dari Pemkot Malang kepada masyarakat untuk menggunakan mobil listrik

"Kami memberikan apresiasi dilaksanakan kegiatan ini, ini bentuk bahwa Kota Malang ini mendukung masyarakat kita menggunakan mobil listrik," ungkap Sutiaji kepada JatimTIMES.com, Sabtu (14/1/2023). 

Mobil Wuling Air EV.

Alumnus UIN Maliki Malang (dulunya IAIN Malang) ini menuturkan, bahwa penggunaan mobil listrik ini membuat masyarakat akan lebih hemat energi maupun bahan bakar. Pasalnya, bahan bakar utama dari mobil listrik ini dari kekuatan daya listrik. 

"Karena mobil listrik itu, selain kita hemat energi, juga insya Allah kendaraan ini ramah lingkungan, tidak ada polusi dan seterusnya," kata Sutiaji. 

Pria yang merupakan Alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini menegaskan, bahwa ke depan dukungan yang diberikan oleh Pemkot Malang kepada masyarakat pengguna mobil listrik bukanlah omong kosong belaka. 

"Maka supporting itu bukan hanya omong kosong, nanti kita programkan tempat-tempat fasilitas umum, misalkan kita komunikasi dengan pihak Wuling, kalau chargernya ini bagaimana modelnya dan seterusnya," tegas Sutiaji.

Sehingga, ketika terdapat masyarakat yang menggunakan mobil listrik di wilayah Kota Malang, maka tidak merasa kesulitan ketika akan melakukan pengisian daya atau charging battery mobil listriknya. 

"Kalau ada masyarakat yang pakai mobil listrik di fasilitas umum, barangkali oh sambil nunggu, sambil ngecas di fasilitas umum. Maka dari itu saya berikan apresiasi dan mendukung," tutur Sutiaji. 

Foto bersama.

Terkait mana saja tempat-tempat fasilitas umum yang akan dibangun tempat pengisian daya baterai untuk mobil listrik di tahun 2023, Sutiaji masih belum menyampaikan secara detail. "Masih kami identifikasi, jadi masih kota obrolkan," tandas Sutiaji. 

Sementara itu, Direktur Perdana Wuling Jawa Timur Yudi Irawan Wijaya menyampaikan, bahwa dalam kegiatan city tour 30 unit mobil Wuling Air EV mendapatkan respons positif dari masyarakat Kota Malang. 

"Animonya luar biasa, hari ini sekitar 30 kendaraan yang hadir saya lihat ada yang bawa keluarga, semuanya happy," ujar Yudi. 

Pihaknya mengatakan, bahwa sudah lima bulan lamanya produk mobil Wuling Air EV hadir di Kota Malang. Selama lima bulan berjalan, sudah terdapat 100 unit mobil Wuling Air EV yang terjual. 

"Kita hampir 100 ya selama lima bulan di Malang. Saya pikir luar biasa bisa mendatangkan 30 kendaraan," kata Yudi. 

Lebih lanjut, untuk semakin menggerakkan masyarakat menggunakan mobil listrik, pihaknya juga menyediakan sistem pengisian daya baterai mobil listrik dari segala merek secara gratis di dealer Wuling Malang Perdana di Jalan Letjen Sutoyo, Kota Malang. 

"Saat ini kita memberikan untuk umum, bahkan saat ini kita memberikan charging free di dealer apabila ada pengunjung dari luar kota. Di dealer kami free, silahkan datang dan cas tidak kita kenakan biaya," pungkas Yudi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru