Malangtimes

Tolak UU Cipta Kerja, Begini Suara Para Buruh Perempuan pada Demo Hari Ini

Jan 14, 2023 15:49
Aksi demo para buruh hari ini. (Foto dari internet)
Aksi demo para buruh hari ini. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Para buruh melakukan aksi demonstrasi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja hari ini, Sabtu (14/1/2023). Para peserta demo berkumpul di depan Pintu Irti Monas Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. 

Setelah itu, para buruh bertolak menuju Istana Negara dan melanjutkan orasi tuntutan di Patung Kuda.

Massa datang dari berbagai daerah. Antara lain Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat. Mereka tergabung dalam Partai Buruh, Serikat Buruh, dan Serikat Petani.

Dalam aksi itu, para buruh tersebut menyuarakan penolakannya terhadap Undang-Undang Cipta Kerja.

Para buruh perempuan yang ikut dalam aksi itu kemudian kompak menyuarakan permintaan agar  pemerintah mendengarkan suara pekerja perempuan untuk memperoleh cuti haid dan tak mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak. 

Salah satu karyawan PT Indonesia Epson Industry Bekasi, Fadilah Nur Rahma, mengatakan para buruh perempuan meminta agar PHK secara mendadak dihapus.

"Kami minta peraturan PHK dihapus. Tidak memutus kontrak tiba-tiba tanpa alasan jelas," katanya di lokasi unjuk rasa.

Fadilah mengungkap, dalam demo itu, dirinya bersama-sama dengan seribu massa lainnya berharap agar pemerintah mencabut UU Cipta Kerja lantaran tidak berpihak kepada kaum buruh.

Sementara, menurut Lisa, buruh perempuan lainnya, UU Cipta Kerja itu sangat merugikan dan  bermasalah. Ia lalu berharap agar pemerintah bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan para buruh.

Harapan lainnya disampaikan oleh Ketua Exco Partai Buruh Provinsi Sulawesi Tengah Lukiustodama. Ia berharap adanya demo ini bisa membuka hati pemerintah untuk bisa mendengar dan menyetujui apa yang sudah diperjuangkan para buruh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru