Malangtimes

Gestra Paranane FA Keluhkan Liga 3 yang Dihentikan PSSI

Jan 13, 2023 23:42
Manager Gestra Paranane FA, Laily Fitriyah Liza Min Nelly (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Manager Gestra Paranane FA, Laily Fitriyah Liza Min Nelly (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Salah satu tim peserta Liga 3 Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Timur (Jatim) Gestra Paranane FA angkat bicara usai PSSI memutuskan menghentikan Liga 2 dan Liga 3. Mereka mengkhawatirkan mental pemain yang masih berusia muda.

Manajer Gestra Paranane FA, Laily Fitriyah Liza Min Nelly mengatakan tetap respek yang tinggi atas Tragedi Kanjuruhan yang telah menelan korban jiwa sebanyak 135 nyawa itu. Namun yang menjadi kekhawatiran dari pihaknya adalah mental para pemain U-23 yang telah berbulan-bulan mendambakan kompetisi Liga 3.

Karena Nelly melihat sendiri bagaimana semangat para pemain muda berlatih menyiapkan diri untuk berlaga di kompetisi Liga 3. Dan saat ini, semangat mereka luntur karena Liga 3 resmi dihentikan.

“Yang kami sayangkan semangat anak-anak itu, dampak psikologisnya pemain yang semula sangat rajin. Mereka sangat berharap mendapat kesempatan itu. Ternyata kesempatan itu lewat,” ungkap Nelly kepada awak media, Jum'at (13/1/2023).

Nelly pun mengaku pihaknya secara manajemen mengalami kerugian. Namun, hal itu bukan hal yang paling dikhawatirkan. Karena baginya, semua kerugian yang paling berharga adalah mental pemain.

“Kalau secara materi ya memang rugi. Cari sponsor sulit. Gaji pelatih dan pemain terhenti. Tapi bagi saya materi InsyaAllah bisa dicari. Tapi kalo mental pemain?,” keluh Nelly.

“Kalo harapan saya, bagi adik-adik pemain, tidak menjadi kapok, semoga mereka tetap semangat, karena Malang ini saya anggap sebagai gudangnya sepak bola,” imbuh Nelly.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2022 kompetisi Liga 3 khususnya regional Jatim, rencananya bakal bergulir pada bulan November 2022 lalu. Sementara untuk kompetisi Liga 2 sempat berjalan beberapa pekan, namun ternyata pasca Tragedi Kanjuruhan, semua kompetisi Liga 2 dan 3 harus dihentikan.

Ada tiga poin dari hasil rapat Komite Executive (exco) PSSI yang membuat kompetisi Liga 1 sulit digelar diantaranya adalah adanya permintaan sebagian besar klub Liga 2 yang menginginkan kompetisi tersebut tidak dilanjutkan.

Poin kedua adalah tidak ada kesesuaian konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antara klub dan operator serta pelaksanaan atau kelanjutan Liga 2 sangat sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 2023 dimulai pada 20 Mei 2023.

Dan poin ketiga adalah adanya rekomendasi dari tim transformasi sepakbola Indonesia seusai tragedi Kanjuruhan terkait sarana dan prasarana yang belum memenuhi syarat. Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 mengamanatkan proses perizinan yang baru dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin hingga bantuan pengamanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru