Malangtimes

Megawati Berikan Sinyal Dukung Puan, Ganjar: Itu Otoritas Ketum

Jan 13, 2023 17:41
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto dari internet)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di acara peringatan HUT yang menyinggung soal kepemimpinan perempuan mendapati respon dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar menyebut putusan soal soapa saja yang akan menjadi Capres pada 2024 nanti adalah kewenangan dari Megawati selaku ketua umum.

"Itu otoritas Ketum," kata Ganjar saat ditanya soal pidato Megawati, Jumat (13/1/2023).

Sebelumnya, pada acara peringatan HUT ke-50 PDIP beberapa hari lalu, Megawati sempat menyinggung soal kepemimpinan seorang wanita mulai dari Ratu Sima sampai pejuang perempuan Aceh Malahayati.

Dalam pidatonya itu, Megawati mengatakan seorang perempuan harus siap tempur. Bahkan, Megawati juga mengingatkan untuk para kader-kadernya agar selalu patuh pada aturan yang ada.

Megawati juga mengancam akan memecat kader yang tidak patuh akan aturan yang ada. Megawati juga menegaskan capres yang akan diusung PDIP ditentukan olehnya.

Pembahasan Megawati soal kepemimpinan seorang perempuan itu kemudian mendapat penilaian dari Pengamat politik Universitas Andalas Asrinaldi.

Menurutnya, pendapat Megawati itu bisa saja menjadi kode bahwa PDIP akan mengusung Puan Maharani sebagai kader capresnya.

"Bisa saja dia berkilah, ini kan banyak (kader perempuan), ada Tri Rismaharini, ada kader kepala daerah mereka. Tapi kalau presiden tentu levelnya pada Puan Maharani," kata Asrinaldi, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Asrinaldi juga berpendapat bahwa Puan memiliki peluang yang cukup besar saat ini. Apalagi pada beberapa waktu yang lalu, Ganjar pernah mendapatkan sanksi ringan oleh Bidang Kehormatan DPP PDIP buntut pernyataan siap maju di pemilihan presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru