Malangtimes

Bersinergi dengan Lembaga Pendidikan Lain, Jadi Pola Unikama Majukan Dunia Pendidikan 

Jan 13, 2023 12:49
Kunjungan TK Permata Iman 3 Malang ke Unikama (Ist)
Kunjungan TK Permata Iman 3 Malang ke Unikama (Ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) terbuka untuk berbagai instansi menjalin sinergitas dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan. Seperti salah satunya melalui Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Unikama menerima kunjungan dari TK Permata Iman 3 Malang Kamis (12/01/2023). Kegiatan kunjungan ini membawa tema "Tetangga Sekolah".

Kepala Sekolah TK Permata Iman 3 Malang, Yuliati, S Pdu, menjelaskan, jika hal ini merupakan bagian dalam memberikan edukasi kepada para siswa untuk lebih mengenalkan lingkungan diluar sekolah.

2

"Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan pembelajaran yang memasuki tema “Tetangga”. Sembari memberikan edukasi kepada siswa, kami mengajak para siswa untuk lebih mengenal tetangga lingkungan di luar sekolah," jelasnya.

Dalam kegiatan ini, juga menjadi implementasi nyata dan penyesuaian kurikulum Merdeka, yakni pembelajaran intrakulikuler dan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Tujuan dalam Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD sangatlah strategis. Mulai dari pembelajaran intrakulikuler memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan sumber belajar yang dekat dengan lingkungan anak.

Dengan begitu, anak akan semakin akrab dengan lingkungannya dan juga pembelajaran akan semakin menarik karena mereka dapat berinteraksi langsung dengan sumber belajarnya.

Sementara itu, dalam kunjungan ini, rombongan mengelilingi lingkungan kampus Unikama. Mulai dari Gedung Rektorat, Aula Sarwakirti, Kantin, Masjid Al-Farobi, lalu diakhiri di Auditorium Multikultural. Dalam kunjungan itu, para mahasiswa dari PG-PAUD mendampingi rombongan dari sekolah TK Permata Intan 3 Malang.

1

Kepala Prodi PG-PAUD Unikama, Henni Anggraini, MPSi, menyampaikan, bahwa kunjungan ini menjadi sebuah hal yang membanggakan. Selain dapat mempererat silaturahmi antara intansi pendidikan disekitar, kunjungan ini juga menjadi momentum untuk bisa saling sharing.

“Kami ucapkan terima kasih kepada TK Permata Iman 3 Malang telah berkunjung di Unikama. Semoga dengan tema Tetangga Sekolah ini para siswa bisa mulai mengenal dan belajar dari lingkungan di luar sekolah mereka," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru