Malangtimes

Sekda Pemprov Jatim Harap Pj Wali Kota Batu Segera Ditetapkan, Berkaitan dengan Pencairan Anggaran

Jan 12, 2023 06:01
Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono saat ditemui di Grand Mercure Malang Mirama, Rabu (11/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono saat ditemui di Grand Mercure Malang Mirama, Rabu (11/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono berharap agar Surat Keputusan (SK) Pejabat (Pj) Wali Kota Batu dapat segera turun dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Adhy menjelaskan, bahwa segala rangkaian usulan terkait nama-nama yang diusulkan untuk menjadi Pj Wali Kota Batu telah diberikan kepada Kemendagri RI. Namun, Pemprov Jatim sampai saat ini masih menunggu terkait terbitnya SK Pj Wali Kota Batu dari Kemendagri RI.

"Kita sifatnya menunggu, usulan kan sudah, sedang dibahas. Tapi tetap menunggu SK nya, prosesnya sudah semua. Kita menunggu," ujar Adhy kepada JatimTIMES.com, Rabu (11/1/2023).

Pihaknya pun menuturkan, bahwa peranan seorang Pj sangat penting dalam memimpin Kota Batu. Pasalnya, saat ini sudah masuk pada tahun anggaran 2023. Itu artinya, program-program kerja dan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2023 juga sudah berjalan.

"Kita ingin secepatnya, karena sudah diperlukan sekali di pemerintah untuk pencairan anggaran. Mulai runing anggaran berjalan kan gitu," tegas Adhy.

Untuk diketahui, hingga saat ini, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Batu Zadiem Efisiensi ditunjuk untuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Batu hingga penetapan Pj Wali Kota Batu terpilih.

Melihat situasi dan kondisi birokrasi yang seperti itu, menurut Adhy ketika sebuah pemerintahan dipimpin oleh seorang Pelaksana Harian, legalitas yang dimiliki untuk menjalankan program kerja daerah kurang kuat.

"Ya legalitas aja sebetulnya. Ada secara teknis yang bisa dilaksanakan sesuai itu. Tapi tentu bagaimana melaksanakan pekerjaan yang paling strategis itu tentu kebijakan penuh, butuh legalitas yang kuat juga," jelas Adhy.

Sementara itu, terdapat enam nama usulan untuk menjadi Pj Wali Kota Batu. Yakni tiga dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan tiga dari DPRD Kota Batu.

Tiga nama yang diusulkan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di antaranya Kepala Dispora Jatim Pulung Chausar, Kepala Dinas Peternakan Jatim Indyah Aryani, dan Kepala BPSDM Jatim Aries Agung.

Kemudian untuk tiga nama yang diusulkan oleh DPRD Kota Batu yakni Sekretaris Daerah Kota Batu Zadim Efisiensi, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim sekaligus Plt Kepala Diskominfo Jatim Hudiyono.

Sebagai informasi, masa jabatan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama wakilnya Punjul Santoso telah berakhir pada Selasa (27/12/2022). Kemudian telah ditunjuk Plh dalam hal ini Sekretaris Daerah Kota Batu Zadiem Efisiensi oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Namun, memasuki tahun anggaran 2023, SK dari Kemendagri RI terkait Pj Wali Kota Batu masih belum turun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru