Malangtimes

Mahasiswa UIN Malang Berkesempatan Ikuti Dauroh Ta'allum al- Arabiah di UIM Arab Saudi

Jan 08, 2023 18:42
Mahasiswa BSA UIN Malang berkesempatan belajar bahasa Arab di Arab Saudi (Ist)
Mahasiswa BSA UIN Malang berkesempatan belajar bahasa Arab di Arab Saudi (Ist)

JATIMTIMES - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang merasakan belajar dan studi di Arab Saudi. Mahasiswa kampus Ulul Albab ini berkesempatan mengikuti Program Ta’allum al- Arabiah.

Mahasiswa yang mengikuti program tersebut adalah Izzat Imaniya. Program ini diselenggarakan oleh Universitas Islam Madinah (UIM) selama satu bulan dan dimulai pada 8 Desember 2022 hingga 7 Januari 2023. 

Dijelaskannya, selama mengikuti program tersebut, ia mendapatkan kesempatan belajar dengan bergabung bersama peserta dari berbagai negara. Terdapat 40 peserta yang mengikuti program ini, baik dari Indonesia, Nigeria, Rusia, China dan lainnya.

Mengikuti program tersebut, tentu membuatnya sangat bersyukur. Hal ini tentu selaras dengan keinginan Izzat yang begitu antusias ingin mempelajari bahasa Arab secara langsung bersama dosen yang kompeten di Arab Saudi.

"Sangat bersyukur sekali, bisa dapat kesempatan belajar di sini, belajar bahasa Arab bersama dengan penutur asli di sini," jelasnya.

Selama mengikuti program tersebut, Izzat mendapatkan pembelajaran bahasa Arab, berupa mufrodat, maharah istima, maharah kitabah, maharah qira’ah dengan menggunakan Toriqoh Tadris Muallim dari Arab Saudi. 

Dengan program ini, dikatakan Izzat sangat membantu dirinya dalam memahami bahasa Arab lebih mendalam. Dan tentunya, ini menjadi sebuah hal yang sangat memberikan pengalaman berharga serta kesempatan bagus untuk membangun relasi lebih luas lagi. 

"Selain meningkatkan kompetensi berkomunikasi menggunakan bahasa Arab, saya mendapatkan kesempatan membangun relasi yang lebih luas, mengenal budaya orang lain karena teman-teman berasal dari berbagai mancanegara," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru