Malangtimes

Kawah Ijen Banyuwangi Alami Peningkatan Aktivitas Vulkanik, Wisatawan Diimbau Tak Mendekat 

Jan 07, 2023 16:10
Kawah di Gunung Api Ijen (foto Wikipedia)
Kawah di Gunung Api Ijen (foto Wikipedia)

JATIMTIMES - Aktivitas vulkanik di Gunung Ijen meningkat. Peningkatan aktivitas itu disampaikan oleh Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, melalui rilis resmi nomor : 1.E/GL.03/BGV/2023 tertanggal 6 Januari 2023.

Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen, Suparjan ada beberapa indikator yang bisa menyimpulkan adanya peningkatan aktivitas vulkanik. Pertama terjadi peningkatan suhu air danau kawah dari 16°C pada bulan Desember 2022 menjadi 45.6°C pada tanggal 5 Januari 2023.

Selain itu, berdasarkan pemantau visual dan intrumental dari PPGA Ijen terlihat kepulan asap berwarna putih tipis dengan tinggi sekitar 50 - 200 meter di atas puncak.

"Kemudian gempa Vulkanik Dangkal terekam sebanyak 82 kali dan Gempa Hembusan yang terekam sebanyak 32 kali. Gempa mulai terjadi sejak 1 Januari 2023," kata Suparjan, dilansir Detikcom pada Sabtu (7/1). 

Sementara itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi pun mengimbau masyarakat agar tidak mendekati bibir kawah. Pihaknya meminta agar pengunjung tidak menginap dalam radius 50p meter dari puncak kawah Gunung Ijen. 

Di sisi lain, BKSDA, selaku pengelola TWA Kawah Ijen juga masih menunggu perkembangan di lapangan terkait aman atau tidaknya kawah untuk pendakian, usai terjadi peningkatan aktivitas vulkanik. 

Meski begitu pihak BKSDA menyebut belum ada penutupan wisata pendakian di Gunung Ijen. 

"Kita tetap (berkoordinasi) memantau dari PPGA Ijen yang berada di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi," ujar Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah V Banyuwangi, Purwanto. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru