Malangtimes

Masih Dibahas, Pemkab Malang Segera Gelar CFD

Jan 07, 2023 16:04
Wabup Malang, Didik Gatot Subroto.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Wabup Malang, Didik Gatot Subroto.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berencana untuk menggelar Car Free Day (CFD) di Kepanjen. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghidupkan aktivitas di Kepanjen sebagai Ibu Kota Kabupaten Malang. 

Sampai saat ini, rencana untuk menggelar CFD di Kepanjen masih terus dimatangkan oleh Pemkab Malang. Bahkan, juga disebut bahwa gelaran CFD akan dimanfaatkan sebagai etalase untuk mempromosikan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto juga membenarkan rencana tersebut. Menurutnya, CFD di Kepanjen ini akan jadi ikon wisata baru yang rutin. Yang tentunya juga dimaksudkan untuk menggairahkan ekonomi masyarakat. 

"Jadi akan difokuskan di koridor utama ibu kota Kabupaten Malang untuk car free day. Yaitu, mulai perempatan Jalan Sultan Agung ke timur. Serta, pertigaan PLN Jalan Panji,” ujar Didik. 

Sebelum masa pandemi, kegiatan di Minggu pada pagi hari banyak dipusatkan di Stadion Kanjuruhan. Namun setelah pandemi ini, aktivitas akan coba dihidupkan melalui CFD do Koridor Kepanjen. 

Didik menyebut, ajang CFD akan digunakan sebagai ajang pertemuan bisnis yang dilakukan, antara UMKM dan perbankan. Ini tak lepas dari program Bupati Malang bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Sebab, masyarakat bisa jalan-jalan dari ujung barat ke timur, bahkan ke selatan. Nah, kesempatan bagi UMKM lokal Kepanjen, para pegiat usaha mikro, untuk tampilkan produk unggulannya,” jelas Didik.

Apalagi, jalur alternatif yang bisa digunakan untuk mendukung CFD juga sudah rampung dikerjakan. Yakni ruas jalan yang dihubungkan oleh Jembatan Kedungpedaringan. 

Dimana sejak akhir 2021 lalu, jalur alternatif itu tak dapat dilalui lantaran jembatan penghubungnya yang rusak. Sehingga, akses jalan Penarukan, Kepanjen ke Kedungpedaringan terpotong.

Ditambahkan Camat Kepanjen Ichwanul Muslimin, rencana itu tengah dibahas. Jika konsep rampung akan segera dilaksanakan. Dirinya menegaskan, CFD di Kepanjen akan menjadi yang pertama di Kabupaten Malang.

"Jadi sedang dikonsep, perlahan segera dilakukan kalau konsepnya sudah selesai. Kota konsep dulu karena nantinya jadi etalase UMKM masyarakat. Kota seleksi berdasarkan beberapa kategori," ujar Ichwanul.

Dia mengungkapkan, setidaknya ada dua konsep yang harus masuk dalam CFD Kepanjen. Pertama, konsep gerakan masyarakat sehat (Germas) milik Dinas Kesehatan. Germas akan disusun sesuai kearifan lokal Kepanjen. Senam dan olahraga lain yang memungkinkan bakal digerakkan di Kepanjen.

"Kalau sudah terkonsep minggu ketiga Januari ini bisa diuji cobakan," imbuh Ichwanul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru