Malangtimes

Menelik Kepentingan Thailand Dalam Melegalkan Penggunaan Ganja

Jan 06, 2023 14:06

JATIMTIMES - Kita hidup di dunia yang semakin hari terus berkembang secara cepat. Hal yang kita gunakan saat ini merupakan sebuah hal yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya, adanya perbedaan serta waktu bukanlah menjadi kendala. Namun setiap perubahan yang terjadi akan meninggalkan sebuah efek buruk, seperti yang diberikan oleh adanya kehadiran globalisasi seperti adanya pasar gelap serta adanya barang yang diselundupkan yang datang dari luar negeri kedalam negeri yang melintas dengan melalui darat, laut ataupun darat dengan mudah. 

Hal ini juga akan berkaitan dengan ancaman yang serius bagi keamanan dari manusia itu sendiri yang akan berdampak juga bagi negara, nasional maupun global. Seperti yang sedang hangat dibicarakan beserta menimbulkan kontroversi yang datang dari berbagai negara, yaitu mengenai penggunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, serta Zat Adiktif).

Di Thailand sendiri, Napza merupakan ancaman serius, kita bisa lihat dari segi prevalensi di Thailand penggunaan NAPZA mengalami peningkatan dari tahun ketahun hal tersebut terjadi karena adanya perkembangan dari sebuah teknologi serta informasi yang semakin canggih dan yang mengakibatkan adanya penyebaran kasus Drugs Trafficking hal tersebut bertentangan dengan hukum yang berlaku di Thailand itu sendiri. Di Tahun 2013 pemerintahan Thailand menggunakan sebuah kebijakan war on drugs atau dengan kata lain perang untuk melawan narkoba, kebijakan tersebut diadopsi dari negara Amerika Serikat. 

Walaupun Thailand mengambil sikap tegas terhadap pengedar dan pemakai dari narkoba tersebut, akan tetapi setiap tahunnya jumlah kasus yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba semakin meningkat dan akan memberikan dampak negatif yang relatif tinggi, hal tersebut ditunjukan dengan banyak dari masyarakat mengalami kehilangan pekerjaan dan meningkatnya angka pengangguran di negara Thailand. 

Namun, pada 2022 kemarin negara Thailand merupakan negara yang berada di lingkup Asia yang telah memperbolehkan atau melegalkan narkotika jenis ganja, tetapi dalam hal ini Thailand memiliki tujuan dalam pelegalan ini hanya kebutuhan medis saja. Hal ini sejalan dengan negara Thailand yang dicap sebagai negara dengan penyebaran narkotika tertinggi dan negara Thailand memiliki sebutan sebagai emas hitam yang memiliki maksud sebagai penghasil kokain serta heroin.

Jika dilihat dari kasus tersebut pada dasarnya Thailand memiliki kepentingan yang pada akhirnya melegalkan penggunaan narkotika jenis ganja di negaranya, dalam hal ini ada beberapa kepentingan yang diemban oleh Thailand dalam memperbolehkan penggunaan narkotika tersebut, kepentingan yang pertama yaitu berkaitan dengan kepentingan medis dalam hal ini Thailand memiliki kepentingan untuk memproduksi ganja medis dalam cakupan yang lebih besar. Dengan adanya ganja tersebut Thailand mengharapkan kepada masyarakatnya dapat menggunakan sebijaknya sehingga dapat menghemat biaya terhadap penyakit yang dideritanya.

Kepentingan yang kedua berkaitan dengan ekonomi, dalam hal ini Thailand memiliki kepentingan untuk mempertahankan perekonomian mereka, dengan adanya legalisasi tersebut dapat mendatangkan keuntungan bagi Thailand sendiri dengan adanya industri ganja yang berada di Thailand. Kepentingan yang ketiga ditinjau dari segi sosial, hal ini berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat Thailand, dengan hal ini para kelompok petani ganja dapat memberikan lapangan pekerjaan secara legal, dan keuntungan yang lainya juga dapat menarik perhatian daya wisatawan ganja untuk datang ke Thailand. 

Pada dasarnya, negara Thailand memiliki kepentingan nasional yang dapat mengatur arah kebijakan negaranya, yang nantinya dalam keamanan ekonomi, setiap negara harus ikut serta dalam perekonomian dunia. Dalam hal ini merupakan salah satu kunci dari sebuah negara jika akan agar dapat menjaga keamanan perekonomian mereka. Oleh karena itu dengan melihat kepentingan Thailand dalam melegalisasi ganja, merupakan hal yang berkaitan dengan mempertahankan keamanan ekonomi negara Thailand itu sendiri. Dampak yang diberikan dengan adanya legalisasi mengenai penggunaan ganja terlihat jelas dalam mensejahterakan bagi masyarakat Thailand yang berdampak pada kehidupan sosial dan kesehatan mereka. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru