Malangtimes

Jadi Cahaya Ketika Kiamat, Jangan Cabut Ubanmu

Jan 05, 2023 08:23
Ilustrasi rambut beruban(pixabay)
Ilustrasi rambut beruban(pixabay)

JATIMTIMES - Bertambahnya usia seseorang menjadi tua, tentunya akan juga terjadi perubahan pada rambut. Rambut yang dulunya berwarna hitam akan berubah menjadi putih atau beruban. 

Meskipun sudah digariskan seperti itu, terkadang ada orang yang memberikan cat pada rambut mereka agar kembali hitam sehingga tak terlihat tua. Selain itu ada juga beberapa orang yang mencabuti rambut uban mereka. 

Padahal, dalam Islam mencabut uban merupakan hal yang tidak baik dan malah merugikan diri sendiri. Lantas, mengapa demikian ?.

Diolah dari sumber: Ensiklopedia Kiamat/ Karya: Dr Umar Sulayman al-Asykar, uban nantinya akan menjadi cahaya di hari kiamat bagi seorang muslim. Hal ini telah jelas disebutkan dalam hadits At Tirmi5 dan An Nasa'i yang diriwayatkan dari Ka'ab ibn Murrah, Rasulullah SAW bersabda, 

"Barangsiapa beruban dalam keislaman, ubannya akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat".

Selain itu, dalam hadis lainnya juga menegaskan hal yang sama bahwa uban merupakan cahaya bagi orang beriman.
Dalam Musnad Ahmad, Sunan At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibn Hibban diriwayatkan dari ‘Amr ibn ‘Abasah, Rasulullah SAW bersabda, "Uban itu cahaya orang yang beriman. Setiap laki-laki yang beruban dalam keislaman, maka dengan setiap ubannya itu ia mendapat satu kebaikan dan diangkat satu derajat".

Hadist tersebut kemudian diperkuat lagi dengan hadist Marfu' dari Abu Hurairah. Hadistnya menjelaskan agar tidak mencabut uban yang menjadi cahaya kala hari kiamat.

"Jangan cabut uban, karena itu adalah cahaya di hari kiamat. Siapa yang beruban dalam keislaman, maka dengan setiap satu uban, ia mendapat satu kebaikan dan diangkat satu derajat" (H.R. Ibn Hibban dengan sanad hasan).

Ada lagi riwayat lain yang menegaskan hal yang sama, jika uban merupakan cahaya bagi orang muslim. Dari 
Ibn ‘Adi dan al-Baihaqi meriwayatkan dari Fadhalah ibn ‘Ubaid yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Uban itu cahaya di wajah seorang muslim. Siapa yang mau, silahkan cabut cahayanya".

Dalam hadist itu, Rasulullah menegaskan agar mereka yang tak ingin memilih cahaya, atau ingin cahayanya dicabut, beliau pun mempersilahkan umat untuk mencabut ubannya dan mereka akan kehilangan cahayanya. Wallahualam Bissawab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru