Malangtimes

Hubungan Industrial Dalam Persepektif Gender

Jan 04, 2023 19:50

JATIMTIMES - Setiap manusia memiliki hak yang sama di dunia baik perempuan maupun laki-laki, namun kerap kali perempuan menerima deskriminasi dalam hak haknya seperti dalam pekerjaan sering kali perempuan mendapatkan perlakuan berbeda salah satunya dalam pembagian upah yang membuat suasana kerja tidak nyaman bagi mereka. 

Sementara lingkungan kerja haruslah memiliki suasana nyaman, dan damai, lingkungan kerja yang nyaman membuat kualitas pekerja akan semakin baik dan bagus sehingga kepuasaan kerja juga dapat dirasakan baik bagi para pekerja dan pemilik modal.

Seperti Teori Sosiologi dari Dorothy E Smith yang membahas tentang Feminisme, Dorothy merupakan sosiolog modern dari Britania Raya yang mendapat gelar sarjana muda pada bidang sosiologi di Universitas London pada tahun 1955, lalu Smith mendapat gelar doktor di bidang sosiologi di Universitas California di Berkeley pada tahun 1963.

 Smith berpendapat pada teorinya “Dominasi gender menjelaskan tentang bentuk dominasi atau penguasaan oleh pihak laki-laki terhadap perempuan yang hanya melaksanakan bentuk dari dominasi. Berpikir feminisme artinya mengerahkan segala bentuk pikiran terhadap gerakan sosial yang mempunyai kegiatan khusus dan ideologi yang didasarkan dari pengalaman perempuan secara subjektif (pemikiran, emosi) dan pengetahuan secara objektif (secara langsung). Karena itu struktur yang menghasilkan penindasan sangat penting diperhatikan agar tidak terjadi deskrimninasi pada perempuan. 

Di Indonesia sendiri pun sudah ada UUD yang mengatur hal tersebut pada Pasal 27 Ayat 1 UUD 1945 (Sesungguhnya konstitusi negara kita sudah mengafirmasi tentang kesetaraan di antara warga negara tanpa memandang gender) dan pada dasar negara Pancasila sila ke lima yang berbunyi (Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia).

 

Dalam dunia industri pun sudah ada UU Ketenagakerjaan Pasal 5 Setiap tenaga kerja memiliki kesempatan yang sama tanpa diskriminasi untuk memperoleh pekerjaan. Pasal 6 Setiap pekerja/buruh berhak memperoleh perlakuan yang sama tanpa diskriminasi dari pengusaha. Hal ini menimbulkan opini yang menarik apakah beberapa perusahaan industri telah menerapkan dan menjunjung kesetaraan gender?

Dalam Mata Kuliah Hubungan Industrial yang saya ampuh bersama Bapak Drs. Sulismadi, M. Si sebagai dosen pengampuhnya mata kuliah ini berfokus pada Studi Lapang mahasiswanya  di lapangan apakah bisa menerapkan ilmu dan terjun langsung dilapangan objek yang saya kaji salah satu perusahaan industri yang ada di Kota Malang.

Pabrik Kerupuk Ikan LJ Dua Bersaudara menjadi pilihan saya untuk melakukan penelitian dengan rumusan maasalah ( Bagaimana sistem kerja dan apakah ada diskriminasi pemberian upah pada gender?)  pabrik ini memiliki 50 karyawan yang terdiri dari 25 perempuan dan 25 laki laki yang di bawahi  oleh Bapak Fajar Saputra, saya melakukan wawancara dengan 3 buruh wanita disana ( Bu Ida, Bu Yati, dan Bu Laksmi) menanyakan tentang rumusan masalah tersebut. Apakah ada pembedaan kerja  antara gender dan apa ada perbedaan upah Ibu Asih menjawab “Pembagian kerja sesuai dengan kemampuan dan tidak ada pembedaan upah karena sistem pengupahan dilihat dari hasil borongan perkelompok.”  Lalu apakah ada pemebedaan perlakuan antar gender Ibu Laksmi menjawab “Tidak ada semua diperlakukan sama rata dengan pemilik bahkan tali silahturami selalu dibangun contohnya mengejenguk pekerja yang sedang melahirkan atau sakit.”  Apa yang membuat ibu semua betah bekerja disini Ibu Yati menjawab “Suasana kerja disini nyaman dan damai yang membuat Bu Yati betah bekerja tiap harinya.”

Dari sini dapat simpulkan bahwa lingkungan kerja yang myaman  serta damai membuat para pekerja merasa senang bekerja tiap harinya, salah satu faktor terciptanya lingkungan kerja yang nyaman, dan damai dengan menghapus deskriminasi  lalu menjunjung kesetaraan dalam lingkungan tersebut.

 

Oleh: Tia Aprilia Nur Setia Ningsih, Mahasiswa Jurusan  Sosiologi Fisip, Universitas Muhammadiyah Malang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru