Malangtimes

Pengajuan Asuransi Indra Bekti Disebut Ditolak, Karena Apa?

Jan 03, 2023 16:28
Presenter Indra Bekti bersama istri, Aldila Jelita (foto Instagram Indra Bekti)
Presenter Indra Bekti bersama istri, Aldila Jelita (foto Instagram Indra Bekti)

JATIMTIMES - Presenter Indra Bekti baru-baru ini tengah menjadi sorotan publik. Dia mengalami pendarahan otak saat mengisi siaran di salah satu radio. Dan saat ini presenter tersebut tengah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat usai operasi dua kali. 

Baru empat hari dirawat, namun istri Indra Bekti, Aldila Jelita membuka penggalangan dana untuk pengobatan suaminya. Tindakan Aldila itu pun menuai pro dan kontra dari netizen. 

Pihak keluarga menyebut Indra Bekti sudah mencoba mengajukan asuransi ke pihak rumah sakit. Asuransi diklaim untuk membiayai operasi pendarahan otak yang dialaminya. Namun disebutkan proses klaim asuransi tersebut ditolak.

"Aku sempat tanya sama timnya (Indra Bekti), ada asuransi cuma di-decline. Gagal kenapanya saya kurang tahu," kata Cipta, adik Indra Bekti, dilansir Antara pada Selasa (3/1/2023).

Ada beberapa alasan mengapa klaim asuransi bisa ditolak. Beberapa alasannya dirangkum JatimTimes berikut ini. 

1. Kondisi tidak sesuai

Pada saat pengajuan produk asuransi, calon tertanggung harus mengisi kondisi dan riwayat kesehatannya secara benar. Jika kedapatan tidak sesuai, pihak asuransi bisa menolak membayar perawatan. 

"Sementara, Pre-existing conditions ini sakit/ cedera yang terjadi sebelumnya, ini penting disampaikan di awal, jadi asuransi bisa menyeleksi risikonya nanti. Kalau tidak disampaikan nanti masuk pre-existing conditions," jelas Product Marketing and Health Services Allianz Life Indonesia, Sukarno.

2. Polis tidak berlaku

Beberapa alasan klaim ditolak lainnya adalah dokumen tidak lengkap, tidak memenuhi ketentuan polis, di luar cakupan polis, dan polis dalam kondisi lapse.

"Sementara, di luar cakupan polis, misalkan, manfaat wajib asuransi kesehatan yang rawat inap, ternyata klaimnya bukan menginap, tapi rawat jalan, ini klaimnya akan ditolak," kata Sukarno dikutip dari Antara, Selasa (3/1/2023).

3. Dokumen tidak lengkap

Pihak keluarga juga harus melengkapi dokumen sebelum klaim asuransi. Utamanya informasi yang aktual dan akurat. Pengisian formulir klaim yang tak lengkap bisa berujung penolakan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru