Malangtimes

Istri Indra Bekti Galang Donasi, Operasi Pendarahan Otak Apa Tak Dicover BPJS? 

Jan 02, 2023 18:06
Presenter Indra Bekti bersama istri, Aldila Jelita (foto Instagram Indra Bekti)
Presenter Indra Bekti bersama istri, Aldila Jelita (foto Instagram Indra Bekti)

JATIMTIMES - Presenter Indra Bekti baru-baru ini tengah menjadi sorotan publik. Dia mengalami pendarahan otak saat mengisi siaran di salah satu radio. Dan saat ini Indra Bekti tengah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat usai operasi dua kali. 

Baru empat hari dirawat, istri Indra Bekti, Aldila Jelita membuka penggalangan dana untuk pengobatan suaminya. Tindakan Aldila itu pun menuai pro dan kontra dari netizen. 

Selain itu, banyak juga warganet yang mempertanyakan soal asuransi yang dimiliki Indra Bekti, termasuk BPJS Kesehatan. Lalu apakah BPJS Kesehatan menanggung penyakit pendarahan otak? 

Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas mengatakan bahwa pendarahan otak termasuk dalam penyakit yang bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Artinya, perawatan yang dialami Indra Bekti masih dicover oleh BPJS. Baik biaya operasi maupun perawatan rumah sakit. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Kementerian Kesehatan (Permenkes) 52 Tahun 2016.

"BPJS Kesehatan menjamin kasus seperti yang dialami Indra Bekti.. diatur dalam Permenkes 52 tahun 2016," jelasnya dilansir detikcom, Senin (2/1/2023).

Iqbal melanjutkan ada sejumlah pengecualian yang menyebabkan biaya operasi pendarahan otak tidak dapat ditanggung BPJS Kesehatan. Seperti, pendarahan otak yang disebabkan oleh kecelakaan kerja atau dikarenakan tindak kekerasan (kriminal). Hal ini seperti yang sudah ditegaskan dalam Pasal 52 Perpres 82 Tahun 2018. "Ini diatur di Pasal 52 Perpres 82 Tahun 2018.. tegas di sana diatur bahwa kasus kekerasan tidak ditanggung," imbuhnya.

Diketahui, kasus Indra Bekti juga tidak terkait dengan mengalami kasus kekerasan. Sehingga bisa disimpulkan operasi dan perawatan Indra Bekti tercover. 

Diberitakan sebelumnya, masalah perekonomian tampaknya mulai menghampiri keluarga Indra Bekti. Dimana istrinya, Aldilla Jelita mengaku kesulitan membayar biaya rumah sakit.

Hal itu diungkap Dilla saat diwawancarai wartawan yang menanyakan perkembangan kondisi suaminya, Indra Bekti.

"Aku mau sekalian memberi tahu, hmmm apa ya, karena kita memang lagi berat karena kita lagi usahain banget saat ini kayanya aku mau membuka penggalangan dana untuk Mas Indra karena nampaknya 20 hari ke depan Mas Indra akan tetap di sini," ujar Dilla.

"Jadinya biayanya sudah sangat besar di hari keempat ini. Jadi aku udah broadcast-broadcast ke beberapa temen-temen. Alhamdulillah udah ada beberapa yang memberikan kebaikannya, keikhlasannya gak mau dikasih tahu siapa namanya, ya alhamdulillah," sambung Dilla.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru