Malangtimes

Jadwal Piala AFF 2 Januari: Indonesia Siap ke Semifinal, Filipina Tak Mau Dipermalukan

Jan 02, 2023 08:29
Tim Garuda bakal melawan Timnas Filipina malam ini, Senin (2/1/2023). (foto dari internet)
Tim Garuda bakal melawan Timnas Filipina malam ini, Senin (2/1/2023). (foto dari internet)

JATIMTIMES - Piala AFF 2022 bakal menampilkan laga di grup A antara Filipina vs Indonesia, Senin (2/1/2023) malam nanti pukul 19.30 WIB. 

Situasi laga diprediksi tetap sengit meski kedua tim dalam kondisi berbeda. Indonesia mengejar tiket semifinal, sementara Filipina sudah pasti tersingkir. Apalagi, laga ini berlangsung di Filipina sehingga tuan rumah tentu tidak mau dikalahkan.

Tim Garuda -julukan Timnas Indonesia- saat ini berada di posisi dua grup A Piala AFF 2022 dengan tujuh poin. Indonesia hanya kalah selisih gol dari Thailand yang berada di posisi pertama. 

Indonesia bakal menjuarai grup A dan masuk ke semifinal apabila menang atas Filipina dan Thailand gagal meraup poin melawan Kamboja.  

Di sisi lain, Thailand vs Kamboja juga berada di posisi ketat. Lantaran keduanya sama-sama mengejar kesempatan lolos ke babak semifinal. 

Hanya, Indonesia sudah lama tak menang atas Filipina. Terakhir  tim Garuda bisa menaklukkan Filipina pada 2010 lalu. 

Sejak saat itu, tiga pertemuan terakhir Indonesia tidak pernah menang atas Filipina. Pada 2014, Filipina menang dari Indonesia dengan skor 4-0, kemudian 2016 imbang 2-2 dan 2018 skor 0-0. 

Namun, kali ini rata-rata usia pemain Filipina di Piala AFF adalah termuda ketiga setelah Laos dan Kamboja. Ini perubahan besar karena di Piala AFF 2020, Filipina jadi tim tertua ketiga. 

Selain itu, skuad Filipina didominasi oleh pemain yang belum pernah tampil di Piala AFF. Dari 23 pemain, hanya 8 yang pernah main di AFF. 

Pelatih Filipina asal Spanyol Josep Ferre bersama direktur teknik asal Inggris Stewatt Hall ditugaskan untuk menyusun ulang kekuatan. Oleh karenanya, peremajaan tim Filipina dilakukan sejak pertengahan 2022. 

Namun di sisi lain, salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh Timnas Indonesia adalah lapangan dengan rumput sintetis di Stadion Rizal Memoriam. Nadeo cs juga menyadari Filipina memiliki potensi bahaya karena memiliki postur tubuh tinggi dan besar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru