Malangtimes

Tahun 2023, Penggunaan Bus Macito Berbasis Aplikasi

Jan 01, 2023 19:33
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang R Widjaja Saleh Putra saat ditemui di Malang Creative Center (MCC), Kamis (8/12/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang R Widjaja Saleh Putra saat ditemui di Malang Creative Center (MCC), Kamis (8/12/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Tahun 2023 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan memberlakukan sistem berbasis aplikasi bagi wisatawan maupun masyarakat umum yang berniat menggunakan fasilitas bus Malang City Tour (Macito).

Hal itu disampaikan Kepala Dishub Kota Malang R Widjaja Saleh Putra. Menurut Widjaja, langkah tersebut dapat memudahkan wisatawan dalam negeri dan luar negeri maupun masyarakat umum Kota Malang yang akan menggunakan fasilitas bus Macito.

Bus Macito.

Widjaja mengatakan, penerapan aplikasi dalam penggunaan bus Macito ini pun merupakan hasil kolaborasi dari Dishub Kota Malang dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang.

"Dishub bekerja sama dengan Diskominfo telah membuat aplikasi Macito yang berfungsi untuk pendaftaran secara online," ujar Widjaja.

Mantan kepala bagian Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Kota Malang ini menjelaskan, wisatawan dalam dan luar negeri maupun masyarakat umum Kota Malang dapat  melakukan pencarian pada Google Playstore dengan menuliskan nama aplikasi Macito.

"Sekarang bisa download dulu aplikasinya, instal, dan daftar di aplikasi tersebut. Nanti juga bisa memilih mau naik Macito yang warna apa," jelas Widjaja.

Mendampingi Wali Kota Malang Sutiaji.

Lebih lanjut, Widjaja juga mengatakan bahwa pada Sabtu (31/12/2022) baru saja diluncurkan dua unit armada bus Macito terbaru di halaman Balai Kota Malang dengan dua warna berbeda, yakni hijau muda dan hijau tosca.

Pengadaan dua unit bus Macito tersebut menggunakan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD Tahun Anggaran 2022, masing-masing Rp 1,2 miliar dengan total keseluruhan Rp 2,4 miliar.

Sebelumnya juga telah diluncurkan bus Macito berwarna biru tua pada 1 April 2022 dan sudah beroperasi memfasilitasi wisatawan dalam dan luar negeri maupun masyarakat umum untuk berkeliling melihat kawasan-kawasan heritage di Kota Malang.

Ke depan, pada pertengahan Januari 2023, juga ditambah dua unit armada bus Macito yang merupakan bantuan corporate social responsibility (CSR) J99 Corp. Alhasil, pada tahun 2023 ini, Kota Malang memiliki lima unit armada bus Macito yang dapat digunakan oleh wisatawan maupun masyarakat umum secara gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru