Malangtimes

Pembina Dorong Ketua DPC PKB Kabupaten Malang Ramaikan Pilkada 2024

Dec 31, 2022 10:17
Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, M. Kholiq.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).).
Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, M. Kholiq.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).).

JATIMTIMES - Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Malang, M. Kholiq didorong untuk maju sebagai calon bupati (Cabup) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2024 mendatang. Hal tersebut mempertimbangkan beberapa hal. 

Menurut Pembina DPC PKB Kabupaten Malang, H. Ali Ahmad, sosok M. Kholiq dinilai layak maju menjadi Cabup pada Pilkada 2024 mendatang lantaran jam terbangnya yang dinilai cukup untuk ikut dalam kontestasi 5 tahunan itu. Salah satunya telah berkiprah selama 2 periode sebagai Anggota DPRD Kabupaten Malang.

"Untuk Pilkada, (kami) mendorong Ketua DPC untuk running di 2024. Karena sudah pengalaman di dua periode, dan juga sebagai wakil pimpinan. Jadi saya rasa, tidak ada alasan untuk tidak maju," jelasnya. 

Sementara itu, M. Kholiq sebelumnya telah menegaskan bahwa dirinya siap untuk melaksanakan apapun yang menjadi amanah dewan pimpinan pusat. Baik untuk mengusung calon sebagai N1, N2, atau mengusung satu paket pasangan calon N1 dan N2. Namun sebelumnya, saat ini dirinya masih melihat perkembangan peta politik terlebih dahulu. 

"Kalau saya secara pribadi, lihat peta dulu, baik popularitas, elektabilitas, kita lihat persaingan, kalau memang PKB, diharuskan oleh DPP mencalonkan N1, kami siap, semua keputusan kan ada di DPP. Kalau DPP memerintahkan harus berkoalisi dan kami di N2, kami juga siap. Sesuai perintah DPP, lek dikonco gapopo, kalau tidak ya dilawan. Ketika satu paket (paslon N1 dan N2) juga siap," ujar Kholiq.

Namun begitu, sebagai persiapan, ada syarat yang harus dipenuhi untuk meyakinkan langkah PKB dalam bertarung di Pilkada Kabupaten Malang. Salah satunya, yang disyaratkan adalah PKB harus bisa merebut 14 kursi dalam pemilihan legislatif (Pileg) pada Februari tahun 2024 mendatang. 

"Syaratnya itu, setelah itu baru targetnya Pilkada. Syaratnya, Pileg harus menang. Targetnya kan 14 kursi, jadi ada kenaikan 2 kursi," terang Kholiq.

Sementara itu sebagai informasi, dalam Pileg pada Februari 2024 mendatang, untuk daerah pemilihan (dapil) Malang Raya, PKB sudah menetapkan target. Yakni masing-masing 3 kursi untuk DPR dan DPRD Provinsi Jatim, dan sebanyak 14 kursi untuk DPRD Kabupaten Malang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru