Malangtimes

KKM UIN Malang Lakukan Penyuluhan Anti Bullying pada Siswa Sekolah di Poncokusumo 

Dec 30, 2022 16:00
Penyuluhan anti bullying di sekolah Madrasah Ibtidaiyah KH Hasyim Asy'ari, Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang (UIN Malang)
Penyuluhan anti bullying di sekolah Madrasah Ibtidaiyah KH Hasyim Asy'ari, Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang (UIN Malang)

JATIMTIMES - Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM), kelompok KKM Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang selalu mempunyai program dan materi strategis yang disampaikan kepada masyarakat. Salah satu materi yang selaras dengan isu kekinian adalah terkait anti bullying. 

Kelompok KKM UIN Maliki Malang 147 dan 148, beberapa waktu lalu melakukan penyuluhan anti bullying di sekolah Madrasah Ibtidaiyah KH Hasyim Asy'ari, Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. 

Hal ini menjadi salah satu kontribusi para mahasi dalam upaya peningkatan moralitas di kalangan generasi bangsa, khususnya pada anak usia sekolah di Poncokusumo.

Mahasiswa dari kelompok KKM, yakni Nur Halizah Tolan dan Alifah Aulia Putri Difayanti, menjadi pemateri utama dalam penyuluhan. Para siswa maupun guru pun menyambut hangat dan antusias mengikuti paparan terkait anti bullying.

Dalam materi yang dipaparkan oleh kelompok KKM, dikemas dengan strategis dan menyesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa. Hal ini agar para siswa benar-benar bisa memahami dan meresapi sehingga bisa mengimplementasikan dalam kehidupan di lingkungan sekitar maupun lingkungan sekolah.

"Tentunya penyampaian materi-materi tersebut juga mempertimbangkan pola pikir anak pada usia tersebut," jelas anggota kelompok KKM.

Sementara itu, kegiatan penyuluhan anti bullying ini akan dilakukan secara berkesinambungan selama masa pelaksanaan kegiatan KKM di beberapa lokasi atau instansi pendidikan lainnya.

Diharapkan penyuluhan anti bullying ini berdampak positif bagi para siswa, baik dalam pembentukan karakter maupun untuk menanggulangi perilaku bullying. Bukan hanya melakukan penyuluhan. Sebagai tindak lanjut selama masa pengabdian, para mahasiswa juga akan melakukan pemantauan terhadap para siswa siswi agar benar-benar memahami dan mengimplementasikan anti bullying.

Sementara itu, Kepala Madrasah Ibtidaiyah KH Hasyim Asy'ari Gubugklakah, Poncokusumo, Diah Murtiningsih, SPd sangat mengapresiasi langkah dan kegiatan yang dilakukan KKM UIN Maliki Malang.

Kegiatan yang dilakukan KKM UIN Maliki Malang, merupakan kegiatan baru bagi siswa dan kegiatan yang mempunyai manfaat dalam menjalani kehidupan di lingkungan sekolah maupun dalam bermasyarakat nantinya.

Kegiatan ini juga menjadi momentum untuk membentuk karakter siswa agar memiliki akhlak yang baik. Sehingga hal itu menjadi modal agar mereka dapat terhindar baik sebagai korban bullying maupun pelaku bullying.

"Hal ini jadi edukasi serta penguatan pendidikan karakter bagi siswa agar terhindar sebagai pelaku ataupun korban bullying di tingkat lembaga pendidikan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru