Malangtimes

Partai Ummat Dikabarkan Lolos Peserta Pemilu 2024 hingga Klaim Ada Gangguan Verifikasi Faktual Ulang 

Dec 29, 2022 08:13
Logo Partai Ummat (foto dari Wikipedia)
Logo Partai Ummat (foto dari Wikipedia)

JATIMTIMES - Baru-baru ini kabar Partai Ummat lolos sebagai peserta Pemilu 2024 banyak mendapatkan sorotan dari publik. Kabar tersebut beredar dari salah satu media mainstream, sejak Rabu (28/12/2022) malam. 

Menanggapi kabar tersebut, Waketum Partai Ummat Nazaruddin mengaku kabar itu masih sebatas doa dan harapan. 

"Ya soal kabar lolos pemilu 2024 itu masih doa kami saja, harapan, pasalnya KPUD Sulut dan NTT baru melakukan rapat pleno besok (Kamis, 29/12/2022)," kata Nazaruddin, dikutip Tempo, pada Kamis (29/12/2022). 

Lebih lanjut Nazaruddin menyebut proses verifikasi faktual di Sulut dan NTT baru saja rampung, Rabu (28/12). Tentu saja butuh waktu untuk KPU daerah dan pusat memutuskan hasil verifikasi faktual ulang tersebut. Sehingga kepastian Partai Ummat dimungkinkan akan diumumkan pada Jumat (30/12/2022). 

Selain lolosnya Partai Ummat, kabar soal nomor urut juga ramai diperbincangkan. Pasalnya dalam kabar yang beredar itu, Partai Ummat lolos dengan nomor urut 24. 

Menanggapi kabar itu, Nazaruddin menyebut sisa nomor urut parpol peserta Pemilu 2024 memang tinggal nomor 24. "Masak kami mau minya nomor urut 1 atau 30, kan yang sisa tinggal 24 itu urutannya," katanya. 

Selain soal kabar lolosnya Partai Ummat yang tiba-tiba ramai, pihaknya juga mengklaim adanya dugaan gangguan oleh salah satu kader parpol dalam proses verifikasi faktual di Sulut. 

Menurut Perwakilan Humas Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya, Partai Ummat pusat mendapatkan laporan bahwa kader salah satu partai lain terus mencoba mengganggu jalannya verifikasi faktual ulang di Sulut. 

Disebutkannya, upaya dugaan gangguan itu dilakukan dengan mengintervensi panitia penyelenggara dan pengawas agar Partai Ummat kembali tak memenuhi syarat. 

Namun belakangan, Nazaruddin mengatakan dugaan gangguan oleh salah satu kader parpol lain itu sudah mulai mengendor. 

"Laporan dari teman-teman di Sulut, instensitasnya mengendor setelah dipublikasikan," kata Nazaruddin, dikutip CNN pada Kamis (29/12/2022). 

Diberitakan sebelumnya, hasil mediasi KPU RI dengan Partai Ummat memutuskan adanya verifikasi ulang terkait parpal calon peserta Pemilu 2024. Sehingga Partai Ummat diberi kesempatan untuk memperbaiki syarat keanggotaan di NTT dan Sulut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru