Malangtimes

Bahaya, Pasang Stiker 'Happy Family' di Kaca Mobil, Ini Penjelasan Kriminolog

Dec 26, 2022 08:13
Ilustrasi pemasangan stiker happy family di kaca mobil bagian belakang (foto dari Lazada)
Ilustrasi pemasangan stiker happy family di kaca mobil bagian belakang (foto dari Lazada)

JATIMTIMES - Banyak ditemukan stiker 'happy family' di kaca bagian belakang mobil saat berkendara. Tak banyak yang tau jika ternyata memasang stiker itu membahayakan. 

Menurut Kriminolog sekaligus mantan petugas polisi, Terry Goldsworthy saat seseorang menggunakan stiker happy family di kendaraan, dia sama saja telah menyebarkan informasi pribadinya. Seperti struktur, nama dan profesi masing-masing anggota keluarga. 

Mirisnya lagi, informasi yang ditemukan dalam stiker itu bisa menjadi petunjuk penjahat untuk melancarkan aksinya. 

"Mereka (penjahat) menjadi tahu struktur keluargamu, mobilmu, dan di mana kamu tinggal. Ketika kamu menganggap itu mungkin tak penting, maka (korbannya) akan terus bertambah," ujar Terry, melansir Daily Mail, Senin (26/12/2022). 

Salah satu wanita bernama Kathleen Wiggins di Florida, Amerika Serikat menjadi sasaran penjahat usai memasang stiker happy family di kaca mobil.

Hal itu terjadi karena stiker 'happy family' yang dipasang berisi informasi profesi sang suami sebagai angkatan laut. Dimana profesi itu menunjukkan jika suaminya jarang di rumah. 

Parahnya lagi, stiker itu juga berisi informasi bahwa Kathleen hanya di rumah bersama seorang anak kecil dan satu anjing. Yang artinya, pelaku kejahatan menilai tak ada sosok pelindung di rumah Kathleen. 

Tony Ivey dari Spartanburg County Sheriff's Department pun melarang penggunaan stiker tersebut. Menurut Dia, selain kejahatan seperti pencurian, stiker itu juga bisa melancarkan aksi penjahat predator anak. Melalui profesi yang diinfokan di stiker 'happy family' akan diketahui kapan anak akan di rumah sendirian. 

Penemu stiker happy family, Monica Liebenow tak menyangka jika temuannya ternyata membahayakan. 

"Mulanya, stiker itu tidak berbahaya dan hanya dipasang di mobil dengan niat baik orang-orang yang bangga dengan anggota keluarganya. Tapi, saya benar-benar tidak menyangka, stiker tersebut justru memudahkan penjahat mengetahui (informasi) seputar korbannya," terang Monica. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru