Malangtimes

Wujudkan Desa Digital di Tahun 2023, Diskominfo Bakal Mulai Sapa Desa

Dec 25, 2022 19:02
Ilustrasi teknologi digital.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi teknologi digital.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Upaya mewujudkan desa digital terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Salah satunya melalui program Kominfo Hadir Sapa Desa yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang. 

Dalam program tersebut, Diskominfo berupaya mensosialisasikan literasi digital kepada masyarakat desa. Dalam pelaksanaannya nanti, selain menyampaikan materi soal literasi digital, Diskominfo juga akan mensosialisasikan program-program Diskominfo yang lain. 

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Diskominfo Kabupaten Malang, Johan Dwijo Saputro, hal tersebut dimaksudkan untuk menyelaraskan program Diskominfo dengan potensi yang ada di suatu desa. Tujuannya, untuk dapat memetakan potensi desa yang dapat didukung dan dikembangkan melalui program tersebut. 

"Di program itu konsepnya selain memberi pelatihan soal literasi digital, kami juga akan sampaikan program-program Kominfo. Siapa tau dari program itu ada yang bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat di desa. Selama ini kan masyarakat kita banyak yang belum tahu. Baru tahu dari ajang Anugerah TIK dan lomba konten kreator itu," ujar Johan Minggu (25/12/2022). 

Dalam pelaksanannya nanti, rencananya akan melibatkan semua bidang yang ada di Diskominfo. Tujuannya, agar sosialisasi program dapat dilakukan secara langsung, sembari menggali potensi yang ada di desa untuk kemudian dapat dikembangkan. 

"Rencananya seperti pameran mini khusus Kominfo. Sambil mensosialisasikan program, sambil kita gali, kira-kira potensi apa di desa tersebut yang bisa dikolaborasikan dengan Diskominfo untuk dapat dikembangkan untuk menuju desa digital," jelas Johan.

Selain itu, pihaknya juga akan menggandeng pihak media massa. Namun perlu diketahui, keterlibatan pihak media massa dalam program tersebut adalah untuk dapat mengekspos potensi desa yang mulai akan digali dan dipetakan.

"Saya berharap bisa menggandeng media, bukan untuk mengekspos program itu, tapi mengekspos potensi yang di desa tersebut," imbuh Johan. 

Secara umum rencana tersebut sudah dianggarkan. Namun secara teknis, pihaknya masih terus menggodok pelaksanaannya. Ia juga belum dapat menyampaikan desa mana yang akan ditunjuk sebagai pilot project untuk menjalankan program tersebut. 

"Yang jelas desanya yang memang dinilai perlu untuk disupport oleh Diskominfo. Terutama untuk mengekspose potensi desanya. Karena desa itu minim kemampuan untuk mengenalkan potensi nya," pungkas Johan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru