Malangtimes

Dies Natalis PGSD Unikama Tonjolkan Budaya dalam Rangkaian Kegiatan

Dec 21, 2022 16:14
Apresiasi Seni dan Sastra (Astra) 13 Prodi PGSD Unikama (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Apresiasi Seni dan Sastra (Astra) 13 Prodi PGSD Unikama (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) merayakan Dies Natalis XIII dengan serangkaian kegiatan yang bertajuk kebudayaan, Rabu (21/12/2022). Kegiatan yang diberi nama Astra 13 (Apresiasi Seni dan Sastra) itu berupaya mengapresiasi budaya lokal.

Kepala Prodi PGSD Dr Cicilia Ika Rahayunita MPd menjelaskan, perayaan dies natalis ini dikemas dalam kegiatan Apresiasi Seni dan Sastra (Astra) yang diikuti oleh seluruh warga PGSD, baik karyawan maupun dosen hingga mahasiswa, guna menjalin kebersamaan.

4

Rangkaian kegiatan ini juga menonjolkan kebudayaan yang ada di Indonesia. Hal ini tentu menjadi hal yang strategis dalam menanamkan dan melestarikan kebudayaan di kalangan generasi muda. Terlebih juga ini selaras dengan tagline Unikama sebagai Kampus Multikultural.

"Prodi PGSD penciri khususnya adalah seni. Jadi, kami sesuai dengan visi keilmuan kita salah satunya memang mengangkat kearifan lokal. Sehingga rangakaian kegiatan menonjolkan budaya dan kearifan lokal," tuturnya.

1

Harapan pada dies natalis ini, Cicilia tentu mengharapkan agar Prodi PGSD kian maju dalam berbagai aspek dan menjadi prodi yang unggul. "Ini menjadi harapan kita untuk mendapatkan apresiasi lebih dari masyarakat," terangnya.

Sekretaris Prodi PGSD Dr Farida Nurkumala SSi MPd menambahkan, pada Dies Natalis Ke-13 ini diharapkan agar Prodi PGSD ke depan semakin kompak dan semakin maju. Selain itu, kelestarian budaya maupun kearifan lokal yang ada diharapkan terus dapat terjaga.

"Dari kegiatan Astra ini, semua terlihat bahagia, bangga dengan budaya-budaya, sehingga ini menjadi hal yang bagus," tambahnya.

1

Ahlya Fahrunnisa', ketua pelaksana kegiatan, menjelaskan, dalam peringatan kali ini, tentunya terdapat beberapa perbedaan, baik rangakaian kegiatan maupun  antusiasme para peserta yang lebih banyak. 

Mengangkat tema "Melestarikan Budaya Bangsa untuk Mendunia", ini juga sebagai salah satu sarana dalam menegaskan bahwa sebagai calon guru, haruslah memperkenalkan kebudayaan kepada para siswanya ketika mengajar.

2

Serangkaian kegiatan seperti pawai keliling kampus dengan mengenakan baju adat dari berbagai daerah, lomba micro-teaching, menyanyi, fashion show mengenakan pakaian adat, maupun perlombaan menari. Pesertanya pun terbuka untuk siswa SMA/SMK maupun mahasiswa PGSD dari seluruh Indonesia. 

"Kalau untuk lomba micro-teaching untuk mahasiswa PGSD se-Indonesia. Sementara, untuk lomba menyanyi dan menari untuk siswa SMA dan SMK se-Indonesia. Lombanya sendiri diadakan secara online," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru