Malangtimes

KKM Dimulai, WR 1 UIN Malang Harapkan Usai KKM Banyak Muncul Tema Riset Baru

Dec 19, 2022 15:02
Pemberangkatan peserta KKM UIN Malang Periode 2022-2023 (Ist)
Pemberangkatan peserta KKM UIN Malang Periode 2022-2023 (Ist)

JATIMTIMES - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN) Maliki Malang melakukan pelaksanaan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) periode 2022-2023, Senin (19/12/2022). 

KKM akan dilaksanakan selama lima minggu hingga pertengahan Januari 2023 mendatang. Kali ini diikuti sebanyak 3625 mahasiswa yang mayoritas semester lima dari berbagai jurusan.

Prof Dr Umi Sumbulah, memberangkatkan langsung para peserta KKM. Dalam sambutannya, pihaknya menyampaikan  pesan kepada para mahasiswa. 

Hal pertama yang harus dilakukan para mahasiswa adalah mampu menjalin sinergitas yang baik dengan berbagai tokoh, seperti organisasi masyarakat, organisasi pemuda, dan organisasi keagamaan.

1

"Organisasi-organisasi tersebut merupakan simbol dari suatu masyarakat. Maka penting untuk diajak berdiskusi dan bekerja sama," tuturnya.

Sebagai mahasiswa dan tamu yang melakukan KKM di satu tempat, para mahasiswa diharapkan memiliki sikap moderat, termasuk juga akomodatif terhadap budaya setempat dengan menghargai kearifan lokal yang ada.

"Masyarakat memiliki kearifan yang harus dihargai, jangan disalah-salahkan. Niat berdakwah pun ada aturannya," jelasnya.

Lebih lanjut, Prof Umi, begitu ia akrab disapa, mengharapkan agar pasca penyelenggaraan KKM, muncul banyak tema riset yang strategis untuk dikembangkan. Dengan kolaborasi riset antara mahasiswa dan dosen tentunya akan menghasilkan sumbangsih terhadap masyarakat.

Dr Syaiful Mustofa Ketua Pusat Studi Pengabdian Masyarakat-LP2M, memberikan arahan kepada seluruh peserta. Ia mengingatkan pentingnya mengikuti panduan atau pedoman KKM selama menjalankan program kerja nantinya. Meski waktu pengabdian relatif singkat, mahasiswa diimbau untuk memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin.

Pihaknya juga menekankan tiga hal penting yang harus ditanamkan pada setiap benak par peserta. Yakni, menjaga akhlak, menjaga almamater dan menjaga diri. 

“Pastikan kalian diterima masyarakat setempat agar program kerja yang dicanangkan dapat berjalan lancar,” pungkasnya.

Sementara itu, KKM Periode 2022-2023 ini diikuti oleh 3625 mahasiswa. Mereka disebar ke 10 kecamatan di Kota dan Kabupaten Malang. Terdapat total 321 kelompok yang akan diawasi oleh DPL yang berasal dari tenaga pendidik UIN Malang. 

Bukan hanya KKM reguler saja, Pusat Studi Pengabdian Masyarakat juga akan memberangkatkan 25 mahasiswa peserta KKM Internasional di akhir tahun. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru