Malangtimes

3 Pemain Prancis Diduga Terjangkit Flu Unta, Bagaimana Kondisinya?

Dec 17, 2022 11:12
Unta yang tengah berada di gurun pasir. (Foto: Pinterest)
Unta yang tengah berada di gurun pasir. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Flu unta diduga tengah menjangkit pemain Tim Nasional Piala Dunia 2022 yakni Prancis. Totalnya ada tiga pemain Timnas Prancis dikonfirmasi terjangkit virus tersebut.

Di tengah persiapan babak final Piala Dunia melawan Argentina, tiga pemain tengah berjuang untuk sembuh yang diduga terjangkit flu unta. Virus itu dipercaya sama dengan virus yang menyebabkan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) atau flu unta.

Manajer Timnas Prancis, Didier Deschamps mengatakan, salah satu dari pemainnya yakni Kingsley Comanc, merasakan gejala demam. Sementara pemain lainnya mengalami gejala berupa flu.

Meski demikian, mereka berusaha agar flu unta ini tidak merembet pada pemain yang lainnya, mengingat seluruh tim daya tahan tubuhnya mulai menurun di tengah persiapan final.

“Kami berusaha untuk berhati-hati agar tidak menyebar. Para pemain telah berusaha keras di lapangan dan jelas sistem kekebalan tubuh mereka telah menurun," ungkap Deschamps, dikutip dari Fox Sports.

Flu unta adalah infeksi pernapasan yang disebabkan oleh virus corona dan dikenal sebagai MERS. Flu ini pertama kali diidentifikasi di Arab Saudi pada 2012 lalu.

Sesuai dengan namanya, virus ini menyebar melalui kontak dekat dengan unta. Virus ini juga bisa menyebar dari orang ke orang, sama halnya dengan SARS-CoV-2.

Lalu apa saja gejala flu unta yang menjangkit penderita? Yakni demam tinggi, batuk, kesulitan bernapas, diare dan muntah.

Sama-sama disebabkan oleh virus corona, namun beberapa ahli menganggap flu unta lebih berbahaya dibandingkan Covid-19.

Sebab flu unta membunuh sekitar sepertiga dari orang yang terinfeksi. Sedangkan Covid-19 berakibat fatal pada sekitar empat persen kasus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru