Malangtimes

Hasil Survei: 87 Persen Masyarakat Berencana Liburan Akhir Tahun, 20 Persen Pilih Bali

Dec 16, 2022 18:36
Ilustrasi lokasi wisata. (pixabay)
Ilustrasi lokasi wisata. (pixabay)

JATIMTIMES - Survei Populix, sebuah perusahaan survei digital, menyatakan terdapat 87 persen masyarakat yang memiliki rencana liburan pada akhir tahun. Hal itu terkuak dari durvei bertajuk "End of Year Vacation Plan 2022" yang melibatkan 1.010 responden.

Eileen Kamtawijoyo, co-gounder dan COO Populix mengungkap, liburan tahun ini menjadi liburan yang berharga. Sebab, dua tahun sudah pandemi menyebabkan berbagai kegiatan harus tertunda, bahkan tak bisa dilakukan. 

"Sebagian besar masyarakat telah mempersiapkan agenda berlibur mereka sejak enam bulan hingga satu minggu sebelum keberangkatan," katanya dikutip dari marketeers. 

Selain itu, dalam laporan resmi Populix, dari jumlah presentase spontan yang berlibur, 96 persen responden memilih untuk berpergian di dalam negeri. Pulau Bali menjadi destinasi pariwisata yang paling diminati.

Ada 20 persen responden memilih Bali sebagai lokasi berlibur. Pada posisi kedua, ada Yogyakarta yang dipili 17 persen responden sebagai lokasi berlibur. Kemudian 15 persen responden memilih Bandung sebagai tempat berlibur di akhir tahun.

Kemudian, ada 7 persen responden yang memilih Jakarta sebagai lokasi liburan, Medan menjadi lokasi selanjutnya yang dipilih 6 persen responden. Kemudian, Semarang, Surabaya dan Labuan Bajo menjadi lokasi yang dipilih oleh 3 persen responden. 

Sementara, ada 4 responden berencana liburan akhir tahun ke luar negeri. Di sini, ada 36 persen responden yang akan berencana ke Singapura. Sebanyak 19 persen responden berencana berlibur ke Thailand. 

Ada 12 persen responden juga berencana berlibur ke Arab Saudi dan 7 persen responden yang berencana liburan ke Korea Selatan. Turki dipilih oleh 6 persen responden untuk rencana berlibur. Dan 5 persen responden memilih Malaysia dan Jepang.

Dari waktu perencanaan, 45 persen masyarakat merencanakan liburan sejak satu sampai enam bulan. Kemudian, 34 persen merencanakan liburan satu sampai empat minggu sebelum keberangkatan.

Sementara itu, terkait durasi waktu berlibur, 49 persen responden berencana menghabiskan tiga hingga lima hari. Selanjutnya 31 persen berencana menghabiskan kurang dari tiga hari untuk liburan akhir tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru