Malangtimes

Masjid Sehat dan Bersih Se-Jatim Ada di Tuban, Ornamennya Bergaya Timur Tengah

Dec 15, 2022 21:46
Masjid Baitul Mu'min Polres Tuban dinobatkan sebagai masjid sehat dan bersih se-Jatim (15/12/2022). (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)
Masjid Baitul Mu'min Polres Tuban dinobatkan sebagai masjid sehat dan bersih se-Jatim (15/12/2022). (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Masjid Baitul Mu'min Polres Tuban meraih juara 1 se-Jawa timur kategori masjid sehat dan bersih dalam ajang Masjid Award Provinsi Jawa Timur tahun 2022.

Ajang pemilihan diselenggarakan oleh Yayasan Demasindo Jawa Timur. Oada ajang ini oleh Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) kabupaten Tuban mengirimkan empat tempat ibadah. Yakni Masjid Agung Tuban dengan kategori arsitektur masjid terbaik dan bersejarah, Masjid Manarul Walidain Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban dengan kategori pemberdayaan ekonomi masjid terbaik, Masjid Baitul Mu’min Polres Tuban dengan kategori sehat dan bersih, dan Masjid Besar Husnul Khotimah Merakurak kategori manajemen masjid terbaik.

Selanjutnya, keempat masjid dilakukan asesmen lapangan oleh para juri dari Demasindo  Jawa Timur pada tanggal 2-5 Desember. Dari empat nominasi dua masjid yang berada di kabupaten Tuban, yakni Masjid Baitul mu'min Polres Tuban dan Masjid Besar Husnul Khotimah Kecamatan Merakurak, lolos tahap selanjutnya yaitu tahap presentasi yang dilaksanakan pada hari selasa (13/12) bertempat di gedung Islamic Center Surabaya. Kedua masjid tersebut bersaing dengan 5 (lima) masjid lainnya di masing-masing kategori.  

Usai pelaksanaan tahap presentasi, pada  Rabu (14/12) Masjid Baitul mu'min Polres Tuban dinyatakan terpilih menjadi juara 1 kategori Masjid Sehat dan bersih oleh Demasindo Jawa Timur mengalahkan 5 masjid lainnya. Yakni Masjid Bani Solan Kabupaten Magetan, Masjid Jami Baitus Salam Kabupaten Gresik, Masjid Al-Fattah Kabupaten Tulungagung, Masjid Putih Daarusshalikhin Kota Batu serta Masjid Mujahidin Kota Madiun, sementara Masjid Besar Husnul Khotimah kecamatan Merakurak kabupaten Tuban meraih juara 2 kategori manajemen masjid terbaik.

Ketua takmir Masjid Baitul Mu'min Polres Tuban AKP Chakim Amrullah mengatakan tim juri dari Dewan Masjid Jatim turun langsung melakukan penilaian pada masjid-masjid yang telah ditunjuk.

"Awalnya ada 4 perwakilan dalam 4 kategori masjid yang ditunjuk oleh PD DMI kabupaten Tuban. Dua  di antaranya masuk 6 besar dan alhamdulillah Masjid Polres Tuban dapat juara 1 kategori masjid sehat dan bersih se-Jawa timur" ucap Chakim.

Dengan mendapatkan predikat masjid terbersih dan sehat, ketua takmir ke depannya akan meningkatkan kualitas kebersihan di lingkungan Masjid Baitul Mu'min dengan menggandeng pihak berkompeten. 

"Ke depan Kita akan menggandeng pihak yang berkompeten dalam mengelola kebersihan baik didalam maupun di luar Masjid Baitul Mu'min sebagai langkah antisipasi bilamana nanti ditunjuk dalam Ajang Masjid Award tingkat Nasional yg mewakili Provinsi Jawa Timur,' imbuhnya.

Sementara Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya memberikan apresiasi atas terpilihnya Masjid Baitul Mu'min sebagai masjid kategori bersih dan sehat dalam nominasi Masjid Award Provinsi Jawa Timur tahun 2022.

Lebih lanjut, perwira polisi asal Banyuwangi itu menuturkan selain anggota Polres Tuban bahwa Masjid Baitul Mu'min terbuka untuk masyarakat umum yang ingin melaksanakan Ibadah.

"Meskipun letaknya di dalam mapolres namun Masjid Baitul mu'min ini juga dibuka untuk umum, Kami persilakan bagi masyarakat yang yang akan melaksanakan Ibadah di masjid ini" terangnya.

Masih kata Rahman, ia berharap penghargaan yang diberikan kepada Masjid Baitul Mu'min mampu menumbuhkan motivasi Personel Polres Tuban khususnya yang beragama Islam untuk lebih taat beribadah serta dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Semoga dengan predikat ini dapat mendorong segenap personel Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta semakin semangat dalam memakmurkan Masjid ini" harap japolres alumni Akpol 2000 itu.

Keikutsertaan Masjid Baitul mu'min Polres Tuban merupakan penunjukan dari PD DMI Kabupaten Tuban melalui surat penugasan nomor 022/PD-DMI/Kab.Tbn/XI/2022 tanggal 20 Nopember 2022.

Untuk diketahui Masjid Baitul Mu'min Polres Tuban berdiri diatas tanah seluas 20x25m² yang diperkirakan mampu menampung 700 hingga 800 jamaah dalam kondisi Normal

Bangunan masjid dua lantai dengan Interior dan ornamen timur tengah serta dominan full marmer yang digagas AKBP Ruruh Wicaksono, mantan Kapolres Tuban periode 2020-2021, yang kini bertugas di Mabes Polri. 

Latar belakang pembangunan masjid Baitul mu'min dengan dua lantai tersebut dimana masjid lama saat itu tidak mampu menampung jamaah dalam situasi pandemi covid-19 yang harus menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak antar jama'ah sehingga jamaah saat melaksanakan Ibadah sholat sampai menempati area luar masjid.

Proses pembangunannya sendiri memakan waktu selama 8 bulan dari pertengahan bulan agustus tahun 2020, dan diresmikan pada tanggal 08 Mei 2021 dengan menelan biaya lebih 7 miliar,hasil partisipasi berbagai pihak termasuk sumbangsih dari anggota Polres Tuban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru