Malangtimes

Sudah Ketok Palu, DPR Resmi Sahkan RUU PPSK Jadi UU

Dec 15, 2022 16:25
Rapat Paripurna DPR RI Ke-13 dalam pengesahan RUU PPSK menjadi UU. (Foto dari internet)
Rapat Paripurna DPR RI Ke-13 dalam pengesahan RUU PPSK menjadi UU. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Rancangan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) secara resmi disahkan menjadi UU.

Pengesahan itu dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-13 masa persidangan II tahun sidang 2022-2023, hari ini Kamis (15/12/2022).

Sidang Paripurna itu dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Selanjutnya kami menanyakan kepada fraksi apakah RUU P2SK bisa disahkan menjadi Undang-undang?" tanya Puan diikuti dengan jawaban 'Setuju' dari anggota.

Rapat tersebut dihadiri oleh kehadiran fisik anggota 92 orang dan 240 hadir visual, kemudian sebanyak 55 orang tercatat izin.

Selanjutnya, Ketua RUU P2SK Dolfie Othniel Frederic Palit mengatakan bahwa Komisi XI telah disetujui dalam pembahasan sebelumnya oleh semua fraksi.

Dengan itu, RUU P2Sk menurut Dolfie sudah bisa dibicarakan dalam tingkat II.

"Menyetujui RUU P2SK untuk dibicarakan dalam tingkat II. Sehingga dapat ditetapkan menjadi Undang-Undang (UU)," tegasnya.

Dolfie menambahkan, penyusunan RUU P2SK telah didahului oleh simulasi sejak penyampaian ke Baleg sebagai usulan prioritas komisi XI pada 28 September 2021.

Hal itu menurut Dolfie sudah sesuai dengan keputusan rapat Badan Musyarawah DPR (Bamus) 9 November 2022, maka RUU P2SK dibahas komisi XI DPR.

"Panja RUU P2SK membahas perumusan dan sinkronisasi dalam rapat kerja komisi XI bersama pemerintah pada 8 Desember 2022 di sepakati oleh seluruh fraksi yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, demokrat, PAN, PPP, dan PKS yang menerima dengan cara menyetujui RUU PS2SK utk dibahas pada tahap pembicaraan tingkat 2, pada Rapat Paripurna DPR hingga ditetapkan sebagai UU," kata Dolfie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru