Malangtimes

Lewat LKMO, HMPS Geografi Unikama Tanamkan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa dan Siswa

Dec 14, 2022 14:40
Kegiatan LKMO yang digelar HMPS Geografi Unikama berjalan sukses (Ist)
Kegiatan LKMO yang digelar HMPS Geografi Unikama berjalan sukses (Ist)

JATIMTIMES – Himpunan Mahasiswa (HMPS) Geografi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) sukses menggelar Latihan Kepemimpinan Manajemen Organisasi (LKMO) di Ruang J21 Unikama beberapa waktu lalu. Kegiatan dihadiri oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Geografi serta mengundang siswa dari SMA Islam Diponegoro Wagir, Kabupaten Malang.

Sekretaris Program Studi Pendidikan Geografi Dra Siti Halimatus Sakdiyah MPd, mewakili Ketua Program Studi (Prodi) mengharapkan, agar kegiatan ini memberikan manfaat positif dan memberikan tambahan wawasan terhadap para siswa.

1

"Semoga acara LKMO ini bisa memberikan wawasan kepada adik-adik SMA Islam Diponegoro Wagir. Nanti adik-adik bisa belajar dengan kakak mahasiswa ini dengan saling bertukar ilmu. Sekaligus bisa mengenal Unikama yang multikultural," jelasnya.

Dalam LKMO ini, mengangkat tema "Meningkatkan Kepemimpinan, Profesionalitas, dan Semangat Berorganisasi Tanpa Batas dalam Bingkai Kekeluargaan" yang nanti dituangkan ke dalam empat materi mengenai kepemimpinan yang akan dibawa oleh Dr Suwito MPd selaku Kaprodi Geografi. 

Sesi pemaparan materi Manajemen Organisasi, diberikan oleh Dr Roni Alim Ba’diya Kusufa MPd. Kemudian, pada materi selanjutnya perihal Keadministrasian dan disampaikan Riski Nur Istiqomah D MSi. Selanjutnya, pemaparan materi disampaikan Khoiril Mudzakir, dengan pemaparan materi  mengenai Tata Cara Persidangan MUBES.

4

"Untuk tips berprestasi, kita harus memiliki motivasi yang bisa membangkitkan diri untuk berprestasi. Bagaimana caranya menjadi seorang pemimpin yang baik itu dimulai dengan bisa memimpin diri sendiri dengan baik,” tambah Dr Suwito MPd.

Lebih lanjut ia menyampaikan, untuk menjadi organisatoris yang baik, pertama haruslah memiliki komitmen. Tentu dalam aplikasinya, berkomitmen terhadap tanggung jawab yang organisasi berikan. Kedua, belajar untuk manajemen diri, yakni bagaimana kita bisa mengontrol antara perkuliahan, organisasi, atau prestasinya. 

Hal yang ketiga, haruslah mempunyai sebuah pencapaian. Ketika berada dalam organisasi, seseorang harus memikirkan bagaimana caranya dapat memberikan pengaruh ataupun kontribusi. Sehingga, tidak hanya sekadar ikut-ikutan, tapi juga bisa memberikan manfaat.

5

Pelaksanaan kegiatan ini, tentunya agar mahasiswa serta siswa diharapkan dapat menjadi pemimpin yang berkarakter dalam berorganisasi serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap keputusan yang telah diambil. Selain itu, mereka juga memiliki pemikiran yang kritis dalam mengambil keputusan. 

"Kami berharap dengan mengangkat tema ini bisa mendorong teman-teman mahasiswa dan siswa dari SMA Islam Diponegoro Wagir memiliki bekal menjadi pemimpin di masa depan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru