Malangtimes

Serius Tata Branding, Bappeda Kabupaten Malang Kumpulkan Seluruh Perangkat Daerah

Dec 14, 2022 11:22
Direktur Jatimtimes Lazuardi Firdaus saat memberikan materi pada acara sosialisasi strategi branding Kabupaten Malang di Restoran Inggil Tumpang, Rabu (14/12/2022) (Foto: Jatimtimes)
Direktur Jatimtimes Lazuardi Firdaus saat memberikan materi pada acara sosialisasi strategi branding Kabupaten Malang di Restoran Inggil Tumpang, Rabu (14/12/2022) (Foto: Jatimtimes)

JATIMTIMES - Mulai tahun depan, Pemkab Malang benar-benar ingin serius menata brandingnya.

Agar tidak hanya sebatas wacana, Pemkab Malang akan langsung menetapkan fokus branding lengkap dengan tagline-nya. 

Sebagai wujud keseriusan menata branding, Pemkab Malang akan melibatkan secara aktif seluruh stakeholder yang ada. 

Terutama, Perangkat Daerah (PD) yang merupakan pelaksana seluruh program Kabupaten Malang. 

Untuk mempertegas peran dan  tanggungjawab terkait program branding, Bappeda Kabupaten Malang mengumpulkan seluruh PD di Restoran Inggil Tumpang, Rabu (14/12/2022).

Selain mengumpulkan seluruh PD, Bappeda juga mengundang sejumlah praktisi branding seperti Dwi Cahyono Inggil, Direktur Jatimtimes Lazuardi Firdaus dan unsur akademisi.

Selain PD, stakeholder lain juga akan dilibatkan dalam program menata branding Kabupaten Malang seperti pemilik usaha, Non Goverment Organization (NGO), dan unsur media massa. 

Masing-masing pihak akan diberi peran dan tanggungjawab untuk ikut memperkuat branding Kabupaten Malang. 

Tidak main-main, khusus perangkat daerah, Pemkab Malang bahkan sudah menyiapkan Standart Operational Precedure (SOP). 

Di dalam SOP akan dicantumkan secara detail tugas dan peran masing-masing Perangkat Daerah (PD). 

PD yang tidak menjalankan tugas sesuai SOP branding maka akan ada punishment khusus yang salah satunya berimplikasi pada proses penganggaran program.

Kepala Bappeda Kabupaten Malang Tomy Herawanto menyampaikan branding menjadi penting karena informasi apapun yang disampaikan harus kreatif sehingga menarik untuk dibaca dan disimak masyarakat.

"Terkait dengan branding, kita tidak bisa subjektif bahwa apa yang kita sampaikan sudah menarik untuk disimak masyarakat. Karenanya, ke depan mengunggah foto atau video harus dilihat betul apakah menarik atau tidak," ujar Tomy. 

Oleh karena itu, lanjut Tomy, apapun program kegiatan organisasi perangkat karena terkait dengan branding maka harus ditata secara serius. 

"Makanya, nanti akan ada SOP yang diperkuat oleh keputusan bupati atau peraturan bupati yang mengikat seluruh kegiatan branding yang ada di masing-masing OPD," jelas Tomy.

Masing-masing PD, menurut Tomy, hukumnya wajib mem-branding Kabupaten Malang melalui program-programnya. 

Formatnya akan disiapkan untuk dilaksanakan sesuai SOP yang ditata.

"Evaluasi terhadap kegiatan branding di masing-masing PD akan dikaitkan dengan kinerja dan penganggaran masing-masing PD," tegasnya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Malang Dr Ricky Meinardhy menambahkan inti branding adalah pencitraan yang baik.

"Kami sepakat, daya tarik dan promosi Kabupaten Malang ini harus ditata secara serius karena potensinya sangat besar,"ujarnya.

Direktur Jatimtimes Networ Lazuardi Firdaus menyampaikan mengemas branding butuh strategi yang cerdas. 

"Makanya, media yang digunakan untuk branding juga harus up to date sesuai tuntutan zaman," jelasnya. 

Dengan strategi yang cerdas, lanjutnya, maka branding yang semula butuh biaya besar bisa dikemas dengan biaya yang murah namun tujuannya tercapai secara maksimal.

Owner Restoran Inggil Dwi Cahyono menambahkan branding harus kreatif dan konsisten. 

"Ketika branding diluncurkan maka semua stakeholder yang ada khususnya Perangkat Daerah harus konsisten dan bertanggungjawab menjalankan visi misi branding yang disepakati," bebernya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru