Malangtimes

Masih Bingung Apa itu Inflasi?, Simak Penjelasan BPS Kota Malang Ini

Dec 13, 2022 18:20
Workshop inflasi bertemakan ‘Mengupas Angka Inflasi dalam Berita Resmi Statistik’ (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Workshop inflasi bertemakan ‘Mengupas Angka Inflasi dalam Berita Resmi Statistik’ (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Masyarakat tentunya telah kerap kali mendengar terkait inflasi. Namun, bagi sebagian kalangan kata inflasi juga masih menjadi kata yang asing didengar, bahkan juga tidak dimengerti. Lantas apa sebenarnya inflasi itu?.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, membeber terkait inflasi pada workshop inflasi bertemakan ‘Mengupas Angka Inflasi dalam Berita Resmi Statistik’, Selasa (13/12/2022). Workshop ini diikuti lebih dari 50 jurnalis. 

Inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Sebaliknya, terdapat kebalikan inflasi, yakni Deflasi. Deflasi merupakan kebalikan dari inflasi, yakni penurunan harga barang secara umum dan terus menerus.

Kepala BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini mengatakan, angka inflasi ini perlu dimaknai dan dipahami bersama. Sebab, BPS setiap bulan rutin mengeluarkan berita resmi statistik. Namun sejak November terdapat tampilan yang berbeda dari rilis inflasi.

Pada periode sebelumnya, angka inflasi menekankan pada angka inflasi month to month. Sementara, untuk saat ini, khususnya dua bulan terakhir, penyajian data lebih menekankan pada angka year on year. 

Lebih lanjut, Erny menjelaskan, jika angka inflasi sangatlah penting. Untuk itu, melalui workshop ini, guna memberikan pemahaman terhadap masyarakat, utamanya para jurnalis untuk lebih memahami terkait inflasi maupun angka inflasi. 

"Penjelasan dan ulasan angka inflasi yang disampaikan di media, jangan sampai menimbulkan kepanikan bagi masyarakat. Maka dari itu, perlu pemahaman," kata Erny.

Bukan hanya untuk masyarakat atau media. Angka inflasi sangatlah penting untuk pemerintah. Pasalnya, inflasi merupakan salah satu indikator strategis yang angkanya sangat ditunggu. Sebab, ini sebagai dasar dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan yang ada.

"Semoga workshop inflasi inflasi ini semoga mampu meningkatkan pemahaman terkait inflasi bagi wartawan maupun masyarakat. Ketepatan dalam mengulas angka inflasi akan berdampak pada kesadaran akan pentingnya angka inflasi dalam pembangunan sosial ekonomi di Indonesia," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru