Malangtimes

Partai Ummat Disebut Tak Lolos Pemilu 2024, Amien Rais: KPU Bias dan Penuh Kejanggalan

Dec 13, 2022 12:54
Video pernyataan Amien Rais yang menyebut partai Ummat tak lolos Pemilu 2024 (foto dari Instagram Amien Rais Official)
Video pernyataan Amien Rais yang menyebut partai Ummat tak lolos Pemilu 2024 (foto dari Instagram Amien Rais Official)

JATIMTIMES - Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais mengungkapkan bahwa partai bentukannya tidak akan bisa ikut Pemilu 2024. Mantan Ketua MPR itu mendapat informasi bahwa KPU tidak akan meloloskan Partai Ummat.

"Video ini kami buat setelah mendapatkan informasi A1 yang valid bahwa pada 14 Desember 2022 nanti, seluruh partai baru dan non-parlemen akan diloloskan KPU kecuali Partai Ummat," kata Amien melalui video yang dibagikan di akun Instagramnya, Selasa (13/12/2022).

Menurut Amien, keputusan yang akan dikeluarkan oleh KPU ini sangat bias dan penuh kejanggalan yang tidak masuk akal. 

"Terlebih kita semua telah menyimak berit-berita hari ini di beberapa media mainstream yang mensinyalir adanya manipulasi oleh KPU untuk meloloskan partai-partai tertentu yang nampaknya atas perintah kekuatan yang besar. Dan satu-satunya yang partai yang disingkirkan Partai Ummat sehingga tidak bisa mengikuti Pemilu 2024," ungkapnya.

Oleh sebab itu, menyikapi masalah ini, Amien Rais menuntut tiga hal kepada KPU. Berikut isi tuntutannya.

• Menuntut agar seluruh hasil verifikasi yang dilakukan oleh KPU terhadap partai-partai baru dan non-parlemen untuk segera diaudit oleh tim independen

• Menuntut hasil verifikasi administrasi yang dilakukan KPU juga diaudit secara independen dan dibuka seluas-luasnya kepada publik

• Menuntut DKPP atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu untuk segera memeriksa seluruh jajaran KPU pusat terkait dengan adanya dugaan kuat intervensi yang dilakukan oleh KPU pusat kepada KPU provinsi dan KPU daerah terkait dugaan intervensi yang dilakukan kepada KPU provinsi dan di daerah mengabaikan hasil verifikasi faktual dan mengganti serta memberhentikan oknum yang melakukan pelanggaran.

Amien menegaskan bahwa pernyataan ini dibuat untuk menyelamatkan demokrasi yang sekarat di negeri ini. "Sekaligus kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawasi proses Pemilu 2024," kata Amien. 

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi dari KPU soal pernyataam yang disampaikan oleh Amien Rais tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru