Malangtimes
Anugerah Desa Terbaik TIK Kabupaten Malang 2022

Wabup Malang Serahkan Juara Anugerah Desa Terbaik, Ini Deretannya

Dec 12, 2022 04:56
Wabup Malang Didik Gatot Subroto menyerahkan hadiah kepada Anugerah Desa Terbaik I.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Wabup Malang Didik Gatot Subroto menyerahkan hadiah kepada Anugerah Desa Terbaik I.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Anugerah Desa Terbaik TIK Kabupaten Malang tahun 2022 telah pada puncaknya. Sebanyak 3 pemerintah desa (pemdes) terbaik telah diumumkan atas inovasi yang diciptakan dalam hal pelayanan publik. 

Berdasarkan penilaian juri, Desa Wonorejo Kecamatan Poncokusumo berhasil mendapat predikat sebagai Anugerah Terbaik 1. Sedangkan Desa Srimulyo Kecamatan Dampit sebagai Anugerah Terbaik 2. Dan Desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari sebagai Anugerah Terbaik 3.

Atas capaian tersebut, Desa Wonorejo berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 7,5 juta. Dan Desa Srimulyo yang meraih Anugerah Terbaik 2 mendapat sebesar Rp 6 juta. Sedangkan sebagai Anugerah Terbaik 3, Desa TunjungTirto mendapat sebesar Rp 4 juta. Selain itu masing-masing juga mendapat piagam penghargaan. 

Sebelum dinilai dan mendapat Anugerah Terbaik dari 1 hingga 3, desa-desa tersebut juga telah masuk sebagai 10 nominator bersama 7 desa lainnya. 10 nominator itu adalah Desa Srimulyo Dampit, Desa Wonorejo Poncokusumo, Desa Senggreng Sumberpucung, Desa Tunjuntirto Singosari, Desa Sanankerto Turen, Desa Sutojayan Pakisaji, Desa Srigonco Bantur, Desa Tamankuncaran Tirtoyudo, Desa Jambuwer Kromengan dan Desa Pandanlandung Kecamatan Wagir. 

Selain predikat Anugerah Terbaik, dalam ajang tersebut juga dipilih satu orang Kepala Desa (Kades) untuk diapresiasi karena dinilai sebagai Kades Terinovatif. Dalam hal ini, panitia menilai dari segi jumlah inovasi yang didaftarkan oleh desa tersebut. 

Terdapat sebanyak 3 kades yang masuk nominasi dalam kategori ini. Yakni Kades Srimulyo Kecamatan Dampit, Kades Wonorejo Kecamatan Poncokusumo dan Kades Tawangrejeni Kecamatan Turen. 

Seluruh pemenang Anugerah Desa Terbaik bersama seluruh juri kehormatan.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Dan berdasarkan penilaian panitia, Kades Wonorejo Kecamatan Poncokusumo berhasil mendapat predikat sebagai Kades Terinovatif dalam Ajang Anugerah Desa Terbaik TIK Kabupaten Malang 2022. Atas capaian itu, yang bersangkutan berhak mendapat uang pembinaan sebesar Rp 4 juta dan piagam penghargaan. 

Selain itu, satu lagi predikat yang diberikan dalam ajang tersebut. Yakni Kades Terfavorit yang berhasil didapat oleh Desa Senggreng. Atas capaian tersebut, Kades Senggreng mendapatkan uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan. 

Penyerahan hadiah bagi para pemenang dilakukan langsung oleh Wabup Malang Didik Gatot Subroto dengan didampingi semua juri kehormatan. Selain itu juga turut serta beberapa undangan yang hadir, termasuk Direktur Utama Jatim Times Network, Gufron Marzuki. 

"Baru saja telah kita ikuti bersama penyerahan penghargaan Anugerah Desa Terbaik TIK Tahun 2022, yang alhamdulillah segala prosesnya berjalan dengan lancar dan sukses sampai akhir acara. Untuk itu saya menyampaikan SELAMAT kepada Kepala Desa beserta seluruh jajarannya, yang telah berhasil mencapai prestasi terbaik dalam gelaran Anugerah Desa Terbaik TIK Tahun 2022 ini," ujar Wabup Malang Didik Gatot Subroto. 

Dirinya berharap agar momentum tersebut tidak hanya menjadi sebuah perayaan seremonial saya. Namun sudah semestinya dimaknai sebagai pelecut semangat bagi semua unsur penyelenggara Pemerintah Desa se-Kabupaten Malang.
 
"Mengingat saat ini arus perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di negara kita semakin cepat bergerak. Pesatnya pertumbuhan TIK tersebut, tentunya juga harus disikapi dan disiasati dengan strategi jitu, untuk mengarahkan berbagai perubahan pada tatanan kehidupan di era digitalisasi, agar dapat berjalan sinergis dengan pola kehidupan masyarakat di wilayah Kabupaten Malang," terang Didik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru