Malangtimes

10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes Real Time Billionaire

Dec 11, 2022 12:47
Robert Budi Hartono, bos Djarum, memiliki kekayaan sebesar 23,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 359,3 triliun menjadi crazy rich pertama di Indonesia.(foto: CNBC)
Robert Budi Hartono, bos Djarum, memiliki kekayaan sebesar 23,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 359,3 triliun menjadi crazy rich pertama di Indonesia.(foto: CNBC)

JATIMTIMES - Daftar orang terkaya di dunia baru-baru ini diperbarui oleh Forbes Real Time Billionaire. Termasuk di dalamnya daftar orang terkaya di Indonesia.

Daftar tersebut disusun berdasarkan komposisi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis, serta sumber-sumber lainnya. Jumlah kekayaannya juga memperhitungkan kepemilikan saham yang dimiliki di berbagai perusahaan.

 Peringkat tersebut mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagi di antara kerabat.

Berikut ini 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2022: 

1. Robert Budi Hartono

Bos Djarum ini memiliki kekayaan sebesar 23,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 359,3 triliun. Budi Hartono juga dikenal sebagai salah satu pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Selain itu, ia bersama saudaranya, yakni Michael Hartono, juga menjadi pemilik merek elektronik populer Polytron.  

2. Michael Bambang Hartono 

Kakak Budi Hartono ini memiliki kekayaan senilai 22,2 miliar atau sekitar Rp 345,4 triliun. Sama seperti adiknya, sebagian besar kekayaan Michael Hartono bersumber dari kepemilikan saham di BCA, Djarum, dan Polytron.  

3. Low Tuck Kwong 

Low Tuck Kwong adalah pemilik Bayan Resources yang bergerak di sektor batu bara. Kekayaannya mencapai 9,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 150,8 triliun. 

4. Sri Prakash Lohia

Pemilik Indorama Corporation ini memiliki kekayaan mencapai 5,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 91,7 triliun. 

5. Prajogo Pangestu 

Total kekayaan pemilik perusahaan energi dan petrokimia PT Barito Pacific Tbk (BRPT) ini mencapai 5,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 80,8 triliun. 

6. Chairul Tanjung 

Bos CT Corp ini  memiliki total kekayaannya sebesar 5,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 80,8 triliun. 

7. Djoko Susanto  

Pemilik Grup Alfamart ini bertengger di peringkat ketujuh orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai 4 miliar dollar AS atau sekitar 62,2 triliun. 

8. Tanoko Wijono dan Hermanto Tanoko 

Pemilik merek cat Avia Avian ini berada di peringkat kedelapan orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan keduanya mencapai 3,4 miliar dollar AS atau Rp 52,8 triliun. 

9. Theodore Rachmat 

Pemilik Triputra Group ini memiliki kekayaan sebesar 3,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 49,7 triliun.  

10. Sukanto Tanoto 

Pemilik grup usaha Royal Golden Eagle International (RGEI) ini memiliki kekayaan sebesar 2,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 43,6 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru