Malangtimes

Progres Pembangunan Tempat Uji Kir di Kota Batu 90 Persen, Bisa Dimanfaatkan Maret 2023

Dec 09, 2022 20:17
Progres pembangunan tempat Uji Kir. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Progres pembangunan tempat Uji Kir. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pembangunan tempat uji kir di Kota Batu ditargetkan rampung pada 24 Desember 2022 mendatang. Meski demikian, tempat uji kir yang berada di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu tidak dapat langsung dimanfaatkan.

Dinas Perhubungan Kota Batu memperkirakan, tempat uji kir baru bisa beroperasi pada bulan Maret 2023 mendatang. Untuk saat ini progres pembangunan sudah masuk 90 persen.

Progres pembangunan sudah memasuki tahapan akhir. Sedangkan kelengkapan fasilitas atau peralatan untuk uji kir sudah disiapkan hanya tinggal memasang.

“Kalau bangunan sudah selesai 100 persen tentu langsung dipasang peralatannya. Kemudian masih akan ada penilaian dari pusat. Namanya itu kalibrasi. Setelah dinyatakan oke, baru bisa operasi,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, Imam Suryono.

Imam menambahkan, untuk kalibrasi pihaknya sudah mengirim surat kepada kementerian perhubungan mengenai ketersediaan jadwal kalibrasi. Kemungkinan, uji kir itu akan dilaksanakan pada bulan Februari.

“Jadi ya sekitar bulan Maret bisa beroperasi,” tambah Imam. Jika tempat uji kir dibuka, dalam sehari mampu menampung hingga 30 kendaraan. Nantinya ditargetkan dapat menyumbang PAD sebesar Rp 1,5 miliar per tahun.

Selain mampu menyumbangkan PAD, tentunya dapat memudahkan masyarakat dengan tidak perlu jauh-jauh ke kota/kabupaten lainnya untuk uji kir.

Sedang pembangunan kantor uji kir ini dilakukan oleh PT Mandiri Langgeng Gemilang. Nilai kontraknya Rp 3,8 miliar, bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru