Malangtimes

LP Ma'arif NU Jawa Timur Gelar Training of Trainer bagi Guru

Dec 09, 2022 18:45
K.H. Marzuki Mustamar selaku Ketua PWNU Jawa Timur dan Ketua PW LP Ma'arif NU Jawa Timur K.H. Noor Shodiq Askandar, S.E., M.M. foto bersama Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Timur usai membuka gelaran Training of Trainer, Jumat (9/12/2022) (foto: istimewa)
K.H. Marzuki Mustamar selaku Ketua PWNU Jawa Timur dan Ketua PW LP Ma'arif NU Jawa Timur K.H. Noor Shodiq Askandar, S.E., M.M. foto bersama Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Timur usai membuka gelaran Training of Trainer, Jumat (9/12/2022) (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Timur menggelar acara Training of Trainer (TOT), Jumat (9/12/2022) hingga Minggu (11/12/2022) di Hotel Bwalk Malang. 

Acara yang mengusung tema Pengembangan Pembelajaran Pendidikan dan Ke-NU-an tersebut dihadiri oleh PWNU, PW LP Ma'arif NU, PC LP Ma'arif NU, serta para perwakilan guru di bawah naungan LP Ma'arif NU Jawa Timur. 

Sejumlah 96 peserta antusias mengikuti gelaran TOT ini. Peserta tersebut merupakan perwakilan dari 3 guru yang ditunjuk oleh masing-masing Pengurus Cabang LP Ma'arif NU di semua kabupaten/ kota yang berada di Jawa Timur. 

Pembukaan gelaran TOT diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur'an, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Syubbanul Wathon dan Mars LP Ma'arif NU. 

Selanjutnya diisi dengan sambutan Ketua PW LP Ma'arif NU Jawa Timur K.H. Noor Shodiq Askandar, S.E., M.M. Dalam sambutannya, Gus Shodiq menjelaskan bahwa TOT ini bertujuan untuk menguatkan peran guru dalam mengembangkan pembelajaran ala Ahlussunnah Wal Jama'ah. 

"Acara ini dilatarbelakangi oleh semangat pengurus wilayah untuk meng-NU-kan lembaga pendidikan Ma'arif se-Jawa Timur," ungkap Gus Shodiq. 

Secara teknis, gelaran inisiasi dari Ma'arif NU Jawa Timur ini dibagi dalam 3 klaster. Di hari pertama, untuk guru Pendidikan Dasar. Hari kedua untuk guru Pendidikan Menengah Pertama. Serta hari ketiga untuk Guru Pendidikan Menengah Atas.

Lebih lanjut, pada pembukaan TOT tersebut juga disampaikan bahwa Tim Aswaja LP Ma'arif NU Jawa Timur telah berhasil menerbitkan Buku Saku Aswaja dan Ke-NU-an, sebagai buku pegangan bagi guru dan siswa Ma'arif dalam mempelajari Aswaja dan NU secara utuh. 

Gus Shodiq juga menyampaikan bahwa pelatihan yang kali pertama digelar ini harapannya bisa diadakan pelatihan kelanjutan. "Sehingga peserta pelatihan mendapatkan ilmu yang maksimal dari TOT dan menjadi pelopor penguatan NU di lembaga pendidikan masing-masing," tegasnya. 

Pembukaan TOT dibuka secara resmi di akhir mauidhoh hasanah oleh K.H. Marzuki Mustamar selaku Ketua PWNU Jawa Timur. 

Kyai Marzuki menegaskan acara TOT ini merupakan acara penting yang sebaiknya dilaksanakan berkelanjutan. Harapannya bisa benar-benar menghasilkan kader NU yang militan menuju Ma'arif Jawa Timur yang benar-benar Nahdlatul Ulama baik secara dhohir maupun bathin. 

"NU berbeda dengan aliran-aliran lainnya. Marilah kita pahami Nahdlatul Ulama secara utuh. TOT ini akan melatih kita bagaimana mengabdi secara utuh di Nahdlatul Ulama. Semoga kita semua mendapat keberkahan KH. Hasyim Asy'ari," jelas K.H. Marzuki. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru