Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pemkot Malang Gali Potensi Masyarakat Disabilitas untuk Lebih Mandiri

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

09 - Dec - 2022, 15:39

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat ditemui di acara Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional Provinsi Jawa Timur di Unggul Cemara Ballroom, Kabupaten Malang, Kamis (8/12/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat ditemui di acara Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional Provinsi Jawa Timur di Unggul Cemara Ballroom, Kabupaten Malang, Kamis (8/12/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berupaya menggali potensi anak-anak maupun masyarakat penyandang disabilitas di Kota Malang agar lebih mandiri dan berdaya di tengah kemajuan teknologi yang pesat. 

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat menghadiri acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022 Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang dipusatkan di Unggul Cemara Ballroom, Kabupaten Malang, Kamis (8/12/2022). 

"Menurut saya yang perlu kita angkat dan kita kembangkan itu menggali potensi anak-anak (disabilitas) ini luar biasa apakah di bidang seni, teknologi, usaha kecil menengah, keterampilan dan sebagainya," ungkap pria yang akrab disapa Bung Edi kepada JatimTIMES.com. 

Pihaknya menyebutkan, dengan menggali berbagai potensi masyarakat disabilitas Kota Malang di berbagai sektor, nantinya akan jauh lebih bermakna ketika masyarakat disabilitas mandiri dan berdaya dengan keahlian yang dimiliki. 

"Pada saatnya kan harus mandiri, ketika keterampilan sudah didapat mempunyai skill pada akhirnya mereka harus mandiri," ujar Bung Edi. 

Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang terkait penanganan anak-anak maupun masyarakat penyandang disabilitas agar lebih terampil serta potensinya muncul. 

Setidaknya di Kota Malang terdapat 2.927 orang penyandang disabilitas dari berbagai jenis disabilitas. Bung Edi menyebut, kegiatan-kegiatan pelatihan juga telah berjalan di beberapa wilayah. Salah satunya di Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. 

"Sudah jalan itu, bikin keset terus keterampilan sulam jahit itu yang perlu digerakkan supaya rata di masing-masing wilayah ada. Golnya pemerataan di masing-masing wilayah agar (penyandang disabilitas) lebih mandiri," jelas Bung Edi. 

Sementara itu, pihaknya menyampaikan, bahwa Pemkot Malang terus berupaya maksimal dalam memberikan sarana prasarana  untuk para penyandang disabilitas. Mulai dari pemberian fasilitas kursi roda, alat bantu dengar hingga kegiatan-kegiatan pendampingan. 

"Kegiatan terkait dengan healing dalam arti membantu mereka supaya mengikuti terapi yang disiapkan, sudah terbentuk di wilayah kecamatan-kecamatan mereka ada kumpul-kumpul didampingi dengan ahlinya untuk melakukan olahraga sekaligus kondisi fisiknya dicek," pungkas Bung Edi.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya