Malangtimes

Pemkot Malang Berhasil Raih Anugerah Meritokrasi Birokrasi Nasional dari KASN

Dec 09, 2022 13:31
Kepala BKPSDM Kota Malang Totok Kasiyanto mewakili Wali Kota Malang Sutiaji saat menerima penghargaan dari Ketua KASN Agus Pramusinto di Jakarta, Kamis (8/12/2022). (Foto: Dok. Humas Pemkot Malang)
Kepala BKPSDM Kota Malang Totok Kasiyanto mewakili Wali Kota Malang Sutiaji saat menerima penghargaan dari Ketua KASN Agus Pramusinto di Jakarta, Kamis (8/12/2022). (Foto: Dok. Humas Pemkot Malang)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berhasil meraih anugerah meritokrasi nasional dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan predikat baik. 

Penghargaan tersebut diterima secara simbolis oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Malang Totok Kasiyanto mewakili Wali Kota Malang Sutiaji dalam momen Anugerah Meritokrasi 2022 yang digelar di Jakarta, Kamis (8/12/2022). 

Ketua KASN, Prof Agus Pramusinto MDA dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penghargaan ini diberikan dengan tiga tujuan penting kepada seluruh jajaran pemerintah daerah di Indonesia  

"Anugerah Meritokrasi diberikan sebagai bentuk apresiasi penerapan sistem merit, mendorong konsistensi agar terus terjaga dan memotivasi lebih banyak lagi instansi menerapkan secara lebih baik," ujar Agus. 

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI Abdullah Azwar Anas menekankan, pembangunan sumber daya manusia aparatur menjadi salah satu faktor penting menggapai asa Indonesia sebagai empat besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2050 mendatang.

"Maka dari itu sesuai arahan Bapak Presiden, birokrasi harus berdampak langsung bagi masyarakat. Reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas. Harus lincah dan cepat," kata Anas. 

Lebih lanjut, penilaian Anugerah Meritokrasi 2022 ini dilakukan oleh Tim Independen terhadap 460 instansi pemerintah di seluruh Indonesia dengan berpedoman pada delapan aspek sistem merit.  

Yaitu, perencanaan kebutuhan pegawai, keterbukaan pengadaan pegawai, pengembangan karir, promosi dan mutasi.  Berikutnya aspek kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan dan layanan serta dukungan sistem informasi.  

Dalam kedelapan aspek tersebut Pemerintah Kota Malang berhasil meraih skor total 291,5 dan meraih predikat baik. Angka tersebut naik signifikan dibanding tahun 2021 sebesar 256,5.  

Hal tersebut tidak lepas dari transparansi seleksi ASN yang senantiasa dijunjung tinggi, penerapan sistem reward and punishment, manajemen talenta dalam proses promosi dan mutasi, hingga digitalisasi manajemen ASN yang semakin baik.

Terpisah, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan rasa syukurnya atas predikat baik penerapan sistem meritokrasi dalam manajemen ASN yang telah dicapai oleh Pemerintah Kota Malang sambil menegaskan bahwa pekerjaan rumah belum selesai.

"Dunia bergerak terus, tantangannya, kebutuhannya. Maka saya minta seluruh nya saja ASN Kota Malang terus berbenah sehingga masyarakat bisa menikmati hadirnya pemerintahan yang berintegritas dan kompeten," tandas Sutiaji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru