Malangtimes

Tak Ingin Berwisata Diguyur Hujan di Kota Batu, Pekan Ini Menjadi Kesempatan Tepat

Dec 09, 2022 13:00
Salah satu tempat wisata di Kota Batu, yakni Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu tempat wisata di Kota Batu, yakni Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Bagi kalian yang ingin berakhir pekan di Kota Batu, minggu ini adalah waktu yang tepat. Sebab dalam tiga hari ke depan cuaca Kota Batu diprediksi tidak diguyur hujan. Jadi yuk segera tentukan destinasi wisata yang kalian inginkan.

Jika sebelumnya yang ingin berwisata tertahan karena cuaca hujan di Kota Batu, pekan ini menjadi kesempatan kalian menghabiskan di kota apel tersebut. Sesuai dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada peringatan dini 3 harian Jawa Timur Kota Batu tidak turun hujan.

Sebab hanya beberapa titik wilayah di Jawa Timur saja yang akan diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang sesaat pada. Pada Jumat (9/12/2022) Siang-Sore hari di wilayah Kab. Mojokerto, Kab. Probolinggo, Lumajang dan Bondowoso.

Kemudian pada Sabtu (10/12/2022) turun hujan mulai Siang-Sore hari di wilayah Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Lumajang, Jember dan Situbondo. Malam hari di wilayah Gresik, Bojonegoro dan Kab. Madiun.

Sedangkan pada Minggu (11/12/2022) hanya terjadi pada Siang-Sore hari di wilayah Lumajang. Sehingga bagi wisatawan yang menghindari cuaca hujan, lebih baik memanfaatkan waktu pada pekan ini.

Sebab kebanyakan wisata di Kota Batu terdapat wahana indoor dan outdoor. Hanya saja saat turun hujan ditambah dengan durasi yang cukup lama, akan berisiko terjadinya bencana mulai tanah longsor, dan banjir luapan yang kerap terjadi saat musim hujan.

Terlebih jika kalian melintas kawasan Jalur Payung, Kelurahan Songgokerto dan Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji bencana tanah longsor kerap tak terhindarkan saat hujan turun. Bahkan seringkali terjadi longsor susulan.

Karena bahaya jalur tersebut saat dilewati ketika musim hujan, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko kerap memberikan himbauan kepada pengendara saat melintas di sana. 

“Saat musim hujan saya menghimbau yang mau lewat jalur Payung waspada karena sering terjadi longsor dan pohon timbang,” imbau Dewanti.

Tercatat tanah longsor merupakan kejadian yang kerap mendominasi bencana di Kota Batu. Dalam satu pekan 30 November - 6 Desember ada 11 kejadian bencana dan musibah.

Dari 11 kejadian itu yang mendominasi tanah longsor, satu kejadian pohon tumbang, banjir, kebanjiran, dan dua kejadian gerakan tanah. Dengan kawasan terbanyak terjadi kejadian bencana dan musibah di Kecamatan Bumiaji 6 titik. Disusul Kecamatan Batu 4 titik, dan Kecamatan Junrejo 2 titik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru