Malangtimes

Tanda Memulai Hajatan, Jokowi Pasang Bleketepe di Depan Rumah 

Dec 09, 2022 11:00
Presiden Jokowi mulai menjalankan prosesi adat memasang bleketepe di atas gerbang kediamannya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. (foto: Antara)
Presiden Jokowi mulai menjalankan prosesi adat memasang bleketepe di atas gerbang kediamannya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. (foto: Antara)

JATIMTIMES - Hari ini, Jumat (9/12/2022) sekitar pukul 08.00 WIB, Presiden Jokowi mulai menjalankan prosesi adat memasang bleketepe di atas gerbang kediamannya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. 

Pemasangan bleketepe tersebut merupakan bagian dari prosesi adat pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Sabtu (10/12/2022). 

Prosesi bleketepe telah dilakukan oleh Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, yang juga diikuti putri kedua Kahiyang Ayu dan menantu Bobby Nasution. 

Usai memasang bleketepe, Kaesang kemudian melangsungkan prosesi adat siraman. 

Sementara itu, Erina di kediamannya di Jogja tengah melakukan prosesi adat siraman. 

Dilansir dari TribunSolo, blekepete adalah anyaman daun kelapa yang masih hijau berukuran besar rata-tara 50 cm x 200 cm, dipasang di sekitar area pernikahan.

Orang yang memasang bleketepe adalah ayah atau wali nikah dari mempelai wanita. Pemasangan bleketepe ini menandakan calon pengantin sudah siap melanjutkan ke prosesi siraman dalam adat Jawa.

Istilah bleketepe diambil dari kata Bale Katapi, Bale artinya tempat, sedangkan Katapi berasal dari kata tapi artinya memisahkan kotoran kemudian dibuang.

Merujuk arti kata tersebut, bleketepe adalah sebuah tempat yang di mana kotoran dipilah lalu kemudian dibuang.

Makna dari pemasangan bleketepe ini, yaitu artinya hajatan pernikahan adat Jawa akan segera dimulai, orang tua dan calon pengantin menyucikan diri, dan menandakan lokasi pernikahan sudah suci.

Pemasangan bleketepe ini juga sebagai tolak bala menurut adat Jawa, sehingga terhindar dari segala hal jahat dan buruk. Terakhir, di sekitar bleketepe juga dipasang hiasan seperti janur kuning, daun alang-alang dan opo-opo, serta pisang raja. Hiasan-hiasan tersebut melambangkan pernikahan yang bahagia dan mulia seperti para raja.

Seperti diberitakan sebelumnya, akad nikah Kaesang dan Erina akan berlangsung pada Sabtu (10/12/2022) di Yogyakarta. Kemudian Ngunduh Mantu pada Minggu (11/12/2022) bakal diisi dengan kirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Solo sebagai lokasi syukuran. 

Kirab itu juga bakal melewati Jalan Slamet Riyadi, dimana biasanya ada Car Free Day (CFD) di Jalan tersebut. Menurut Jokowi, CFD tetap digelar, bahkan rencananya akan ada sembilan panggung hiburan untuk masyarakat. 

Acara pernikahan putra bungsu presiden ini bakal mengundang 6.000 tamu. Namun tamu dilarang menggunakan kendaraan pribadi karena untuk menghindari kepadatan lalu lintas. 

Setidaknya 2.188 polisi diterjunkan untuk mengamankan rangkaian pernikahan Kaesang - Erina. Utamanya polisi akan berjaga di titik-titik ini, diantaranya lokasi siraman di rumah pribadi Jokowi, lokasi start kirab di Loji Gandrung, rute kirab dan Pura Mangkunegaran. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru