Malangtimes

Lakukan Tindak Pidana Pemilu, Sentra Gakkumdu Kota Batu Siap Turun Tangan

Dec 08, 2022 21:48
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat memasangkan jaket kepada petugas sentra gakkumdu di Royal Orchid Garden Hotel, Kamis (8/12/2022).
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat memasangkan jaket kepada petugas sentra gakkumdu di Royal Orchid Garden Hotel, Kamis (8/12/2022).

JATIMTIMES - Sebagai upaya pencegahan dan penindakan pelanggaran pada pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Batu resmi meluncurkan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Batu di Royal Orchid Garden Hotel, Kamis (8/12/2022).

Diluncurkannya Gakkumdu ini ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso bersama Ketua DPRD Kota Batu Asmadi dan Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman. Kemudian juga dilakukan pemasangan jaket kepada petugas Gakkumdu.

Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman mengatakan, Sentra Gakkumdu merupakan sinergi tiga institusi yang terdiri dari Bawaslu Kota Batu, Polres Batu dan Kejari Batu. “Ini  sinergi bersama untuk mengawal pemilu damai 2024,” ucap Rochman.

Menurut dia, keadilan pemilu adalah instumen penting. “Bersama-sama kita akan mengidentifikasi ketidakberesan pada pemilu dan memberikan sanksi pada pelaku pelangaran,” imbuh Rochman.

Tugas Sentra Gakkumdu mulai dari pencegahan, pengawasan, dan penindakan pelanggaran pemilu. Gakkumdu akan fokus pada tindak pidana pemilu di wilayah hukum Kota Batu.

Sementara, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso memberikan apresiasi dengan diresmikannya Sentra Gakkumdu Kota Batu. Hadirnya Gakkumdu Kota Batu ini dapat melakukan penguatan dan penegakan hukum terpadu dalam pelaksanaan pemilu.

Sentra Gakkumdu harus mengambil peran strategis untuk melakukan pendidikan pemilu kepada masyarakat. “Saya berharap dinamika Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan tertib,” ucap Punjul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru