Malangtimes

Manfaatkan Cacing Tanah, Profesor UB Buat Terobosan dalam Pengobatan Kanker 

Dec 08, 2022 17:42
Prof Agustina Tri Endharti SSi PhD, yang mana saat ini ia telah dikukuhkan menjadi profesor bidang Imunologi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Prof Agustina Tri Endharti SSi PhD, yang mana saat ini ia telah dikukuhkan menjadi profesor bidang Imunologi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kanker menjadi sebuah penyakit yang menyebabkan kematian yang cukup tinggi dunia, selain jantung dan stroke. Namun, inovasi dosen dari Fakultas Kedokteran UB ini nampaknya akan menjadi sebuah hal yang menggembirakan bagi dunia kesehatan, terlebih untuk para penderita kanker. 

Inovasi ini dikembangkan oleh Agustina Tri Endharti yang mana saat ini ia telah dikukuhkan menjadi profesor bidang Imunologi berkat Inovasi itu. Ia melakukan penelitian memanfaatkan cacing tanah untuk Imunoterapi Komplementer Kanker. Tema yang ia angka adalah "Peran Lyso-Lectin "iCan SoLec" sebagai pendekatan baru Imunoterapi Komplementer Kanker"

Disampaikan Agustina, cacing tanah berpotensi menjadi bahan alam yang digunakan untuk Imunoterapi melawan penyakit kanker. Cacing ini mensekresi cpelomic Fluid yang mengandung lysozyme-lectin yang terbukti memiliki efek anti kanker.

"Hasil studi yang kami lakukan, Lyso-Lectin "iCan SoLec" terbukti efektif digunakan sebagai terapi pendamping kemoterapi. Tapi pemakaiannya perlu dikomunikasikan dengan obat kemoterapi standar," ungkapnya, Kamis (8/12/2022).

Lyso lectin memiliki berbagai aktivitas biologis, termasuk diantara yang memiliki fungsi sebagai senyawa yang meningkatkan kekebalan tubuh (imunomodulator). Pemanfaatanyso lectin sebagai agen imunoterapi merupakan salah satu solusi perkembangan terkini di bidang pengobatan penyakit kanker yang memiliki prospek di masa mendatang. 

"Tentunya ini meredam (sel kanker) kanker yang ada didalam tubuh. Sebab, kanker masih ada dalam tubuh (tidak hilang), sehingga kanker yang sebelumnya aktif diredam. Jadi menjaga supaya dia tidak aktif," jelasnya.

Kelebihan lainnya disampaikan Agustina, tentunya bahan dasar dari terapi ini sangatlah mudah diperoleh dan harganya pun juga terjangkau. Selain itu, dalam proses pembuatannya pun juga cukup sederhana dibandingkan dengan harga imunoterapi sintetis pada umumnya.

Proses imunoterapi akan menstimulasi sistem kekebalan untuk melawan sel kanker. Proses ini melalui regulasi senyawa aktif yang berperan penting pada jalur molekuler untuk menghambat dan memulihkan fungsi tubuh.

Imunoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang mendorong sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit secara efektif. Beberapa bukti menunjukkan bahwa lyso lectin dapat mempengaruhi respon imun dengan cara menekan proliferasi dan meningkatkan kematian sel kanker.

Saat ini, penelitian masih dalam tahap prototipe. Namun. Pihaknya berharap, kedepan akan ada industri yang dapat turut serta melakukan pengembangan.

"Sejauh ini tidak ada efek samping. Kami telah lakukan uji coba secara invitro pada sel kanker dan secara invivo pada hewan coba. Hasilnya memuaskan dan punya punya potensi untuk menghambat.  Saat ini, masih terus dikembangkan dan diteliti," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru