Malangtimes

Prabowo Subianto Kunjungi Pasar Gondanglegi, APPSI Minta Pemda Terlibat Aktif Gairahkan Perekonomian Pasar Tradisional

Dec 08, 2022 17:35
Ketua Dewan Pembina APPSI, Prabowo Subianto.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Ketua Dewan Pembina APPSI, Prabowo Subianto.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) melakukan konsolidasi dengan para pedagang Pasar Gondanglegi Kabupaten Malang. Konsolidasi tersebut dimaksudkan untuk meninjau kondisi terkini pedagang pasar tradisional pasca terjadinya pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Umum (Ketum) APPSI Sudaryono menilai harus ada berbagai upaya yang dilakukan untuk kembali menggairahkan geliat ekonomi di kawasan pasar tradisional. Dimana dalam hal ini, menurutnya para pedagang tidak hanya sekadar membutuhkan imbauan saja. 

"Karena gak bisa hanya dari imbauan, harus ada dorongan dan keputusan politik dari kepala daerah setempat," ujarnya Kamis (8/12/2022) siang. 

Menurutnya, pemerintah tidak bisa hanya berdiam diri hanya dengan memberikan imbauan saja. Apalagi, jika hanya membangun sebuah pasar tradisional untuk mengambil pendapatan dari retribusi saja. Artinya, Pemerintah Daerah (Pemda) harus ada langkah konkret untuk menggairahkan perekonomian di pasar. 

"Seperti menggerakkan PNS belanja di pasar. Gak bisa pedagang pasar tidak berdaya, kalau hanya dibangun dan hanya untuk diambil retribusinya saja. Misalnya kalau mall, pemilik mall ini kan juga ikut mempromosikan yang dijual di dalam. Hal yang sama, ibaratnya pemilik pasar ini adalah pemerintah," terangnya. 

Dirinya menyebut hal untuk dapat mewujudkan hal itu, merupakan tugas bersama. Setidaknya bisa dilakukan melalui APPSI di seluruh pasar tradisional yang ada di Indonesia. 

Ketum APPSI Sujariono mendampingi Ketua Dewan Pembina APPSI Prabowo Subianto memberikan arahan di Pasar Gondanglegi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Sementara APPSI sendiri, saat ini juga tengah melakukan berbagai upaya untuk menuju hal tersebut. Salah satunya dengan mendorong berbagai solusi untuk dapat disuarakan melalui jalur legislatif. 

"Kita sudah konsolidasi dengan Mendag, Menteri Koperasi dan UMKM. Kita juga suarakan lewat Fraksi Gerindra, karena Ketua Dewan Pembina kami adalah Ketum Gerindra (Prabowo Subianto)," jelas dia. 

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Ketua Dewan Pembina APPSI Prabowo Subianto juga hadir. Kedatangan Prabowo juga disambut oleh ratusan pedagang Pasar Gondanglegi. 

Prabowo mengatakan, kedatangannya di Pasar Gondanglegi tersebut sebenarnya untuk meninjau kondisi pasar tradisional setelah dihantam pandemi Covid-19. Terlebih untuk memastikan bahwa geliat perekonomian di pasar tradisional kembali bergeliat. 

Dirinya juga memastikan akan segera menginventarisir beberapa hal yang dinilai menjadi kebutuhan para pedagang. Terutama untuk bisa kembali menggairahkan perekonomian di pasar tradisional. 

"Saya tadi meninjau saja, ke depannya bagaimana nanti kita bisa ikut membina dan ikut menjaga kepentingan semua pihak. Sekarang sudah ada ketua (paguyuban pasar) nanti akan kita lihat. Pemerintah sekarang juga sudah banyak instrumen untuk membantu, seperti bantuan kredit dan lainnya," ujar Prabowo. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru